Download Laporan Syamina: Setelah Konstantinopel

KIBLAT.NET – Rasulullah saw. pernah ditanya, “Kota manakah yang dibebaskan lebih dahulu, Konstantinopel
atau Roma?” Rasul menjawab, “Kota Heraklius dibebaskan lebih dulu, yaitu Konstantinopel.”

Lebih dari 14 abad lalu, Rasulullah saw pernah menjanjikan kepada para pengikutnya (sahabatnya) bahwa mereka akan menaklukkan dua super power dunia saat itu, yaitu Persia dan Romawi, serta membebaskan kota-kotanya. Di antara kota Emperium Romawi yang dijanjikan adalah Konstantinopel dan Roma.

Konstantinopel merupakan kota terpenting dunia. Ia didirikan pada tahun oleh penguasa Emperium Bizantium, Konstantin I. Letak Konstantinopel merupakan geografis yang begitu unik dan langka. Sebagiannya menjulur ke arah laut sebagiannya lagi berada di daratan. Ia ibarat permata yang berada di perut Tanduk Emas di utara, Selat Bosporus di sebelah timur, dan laut Marmara di bagian selatan.

Selain itu ia juga sangat strategis lantaran menjadi titik penghubung antara Eropa dan Asia, tidaklah mengherankan jika ada yang berpendapat bahwa dunia adalah sebuah negara maka Konstantinopel kota yang paling pantas sebagai ibukotanya. Download selengkapnya di sini


Jika tulisan ini bermanfaat bagi Anda dan banyak orang, dukung kami membantu terus menginformasikan berita dan tulisan terbaik untuk Anda. Kiblat.net adalah media Islam independen non-partisan yang dikelola mandiri. Anda dapat memberikan donasi terbaik supaya kami dapat terus bekerja di bidang dakwah media.

Donasi Sekarang

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Baca Juga