Tafsir Al-Azhar, Kitab Tafsir Karya Ulama Indonesia yang Go Internasional

Foto: Tafsir Al-Azhar karya Buya Hamka.

KIBLAT.NET, Jakarta – Buya Hamka, merupakan salah seorang ulama Indonesia yang memberikan kontribusi kepada umat Islam melalui tulisan. Karyanya yang paling fenomenal ialah Tafsir Al-Azhar. Kitab karangan beliau telah memberikan pengaruh secara global, setidaknya di Asia Tenggara.

Pengaruh dari kitab Buya Hamka di antaranya bisa dilihat dari penggunaan Tafsir Al-Azhar yang meluas di Singapura, Malaysia, Brunei Darussalam, dan Thailand. Bahkan, Malaysia dan Singapura memiliki edisi khusus dan penerbitan sendiri karya tersebut.

Selain penerbitan karya Hamka di luar Indonesia, kajian terhadap karya tersebut telah dilakukan oleh banyak sarjana, baik di luar negeri maupun dalam negeri. Di antara mereka yang mengkaji kitab ini adalah Mun’im Sirry dari Notredame University, Chairuddin Al-Hibrid dari National University of Singapore, Tuban Yusuf dari UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, dan Norbani Ismail dari Georgetown University.

Menurut dr. Norbani Ismail, kitab Tafsir Al-Azhar adalah tafsir pertama yang ditulis secara komprehensif dalam bahasa Indonesia dan Melayu.

“Tafsir Al-Azhar merupakan tafsir pertama yang ditulis secara komprehensif dalam bahasa indonesia atau melayu,” katanya dalam seminar internasional dalam rangka pembukaan Darul Arqom Madya (DAM) di Menteng, Jakarta Pusat, pada Rabu (02/12).

Sementara itu, Wakil Ketua Majelis Pustaka dan Informasi PP Muhamadiyah Ahmad Najib Burhani menyebutkan bahwa karya Hamka adalah contoh dari karya tangan intelektual Indonesia yang berpengaruh di dunia internasional.

BACA JUGA  Lawyer Guru Honorer: Presiden Baru Tahu Gaji Guru Honorer 300 Ribu, Apa Dia Hanya Nge-Vlog?

“Karya-karya hamka itu adalah contoh bagaimana intelektual dan ulama Indonesia bisa berbicara dan berpengaruh di dunia internasional,” ujarnya dalam acara yang sama.

 

Reporter: Jundi Alkayyis, Taufiq Idhar
Editor: Fajar Shadiq

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Baca Juga

Sekolah Pemikiran Islam Bangkitkan Pemikiran Buya Hamka

Indonesia - Selasa, 12/02/2019 18:36