×

Selain Konsumen, Sertifikat Halal Dinilai Juga Lindungi Industri

Foto: Logo Halal (Ilustrasi)
... shares

KIBLAT.NET, Medan – Jaminan produk halal tidak hanya penting bagi konsumen, baik di dalam negeri maupun luar negeri. Sebagaimana disampaikan Ketua Umum MUI KH Ma’ruf Amin sertifikasi halal juga melindungi pelaku industri.

“Sertifikat ini supaya ada kepastian. Karena ketika ada keraguan itu akan terjadi penurunan drastis industri. Jadi sertifikat halal juga melindungi industri dari keraguan yang timbul,” kata Kyai Ma’ruf dalam Seminar Sehari bertajuk ‘Sumatera Utara Mempersiapkan Produk Halal dalam Rangka Kompetensi Global’ di Medan, Kamis (21/4).

Kyai Ma’ruf menerangkan bahwa jaminan halal bukan hanya berfokus pada produk makanan, minuman dan kosmetik. Hal itu juga meliputi berbagai sektor, mulai dari pelabuhan hingga pengangkutan dan juga pabrik. Menurutnya itu merupakan peluang bisnis besar yang harus dimanfaatkan.

“Kalau bisa dimanfaatkan dan dikelola dengan baik akan meliputi banyak aspek. Tapi yang utama, ya melindungi umat dari konsumsi yang tidak halal,” ujarnya.

Kyai Ma’ruf menambahkan produk makanan, minuman dan kosmetik bersertifikasi halal telah diterapkan di seluruh tanah air. Bahkan, sejumlah daerah sudah melabel daerahnya sebagai provinsi halal, seperti Jakarta, Jawa Barat dan NTB. Sumatera Utara juga dinilai memiliki potensi wisata halal yang besar dan harus dimanfaatkan sebaik mungkin.

“Setelah label halal diberikan, baik pada produk makanan-minuman juga pada produk non makanan seperti bahan pakaian, sepatu dan lainnya, ini akan memberi keuntungan pada produsen,” kata Ma’ruf.

Jaminan produk halal tidak hanya dibutuhkan konsumen dalam negeri, namun juga luar negeri. Bahkan, terang Kyai Ma’ruf, empat negara, yakni Amerika Serikat, Australia, Eropa, dan Korea Selatan telah menggunakan standarisasi halal MUI Indonesia.

“Misalnya, Korea Selatan kini sedang gencar-gencarnya melakukan sertifikasi halal karena memberi keuntungan bagi sektor pariwisata,” ujarnya.

Sumber : Republika

Penulis : Jundi Karim

... shares

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Baca Juga