×

Halal Watch: Trend Masyarakat Telah Bergeser ke Produk Halal

Foto: Direktur Eksekutif Indonesia Halal Watch (IHW), Ihsan Abdullah.
... shares

KIBLAT.NET, Jakarta – Direktur Eksekutif Indonesia Halal Watch (IHW), Ihsan Abdullah mengatakan saat ini halal sudah menjadi trend masyarakat dunia. Mulai dari pangan, produk halal, wisata halal, finansial, fashion, kosmetik serta obat-obatan halal sudah menjadi perhatian masyarakat internasional.

“Pilihan masyarakat telah bergeser ke pangan dan produk yang aman sehat dan halal, karena selain terjamin kesyariahanya juga diyakini mengandung keberkahan. Negara-negara seperti Malaysia, Brunei Darussalam, Timur Tengah, Turki, Rusia, Afrika dan negara-negara Eropa berlomba membangun industi halal guna pemenuhan pasar dunia yang potesinya sangat besar sekali,” katanya di Jakarta, Senin (17/10).

Menurutnya, Indonesia lebih maju dari negara-negara lainnya dalam menjamin pangan dan produk halal. Dengan adanya Undang-Undang No 33 tahun 2014 tentang jaminan produk halal (UUJPH), lanjut dia, dapat meningkatkan daya saing Indonesia dalam perdagangan internasional.

“Indonesia dapat membangun industi halal, dengan menerbitkan peraturan pelaksanaan UUJPH dan badan serta regulasi dalam kerangka pelaksaan UUJPH. Produk dan jasa yang beredar di Indonesia wajib disertifikasi, karena pangan dan produk dari negara lain tidak diterima apabila tidak dipastikan kehalalannya,” tuturnya.

Selain itu, negara juga menguatkan lembaga yang selama ini membantu masyarakat menerapkan sistem jaminan halal dan sertifikasi halal bagi pangan dan produk, seperti MUI dan LPPOM.

Indonesia, kata dia, yang penduduknya mayoritas Muslim harus mampu menjadi negara pengekspor pangan dan produk halal di pasar dunia dengan membangun industri yang halal, guna menggerakkan dan menata kembali ekspornya yang selama ini terpuruk.

“Untuk menjadi pemegang kendali dalam perdangan ekspor pangan dan produk halal, pemerintah wajib segera membangun infrastuktur industri halal, seperti pelabuhan, cargo udara, kawasan industri dan logistik halal,” pungkasnya.

Reporter: Taufiq Ishak
Editor: M. Rudy

... shares

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Baca Juga