×

Lagi, Tentara Afghan Tembaki Pasukan AS di Mazar-e Syarif

... shares

KIBLAT.NET, Balkh – Seorang tentara nasional Afghanistan melepaskan tembakan ke arah pasukan AS di sebuah markas militer di propinsi Balkh. Insiden itu terjadi pada hari Sabtu (17/06) kemarin tidak lama setelah terjadi insiden serupa yang dikenal dengan istilah serangan “green on blue” pekan lalu. Tidak ada laporan korban yang tewas, namun sedikitnya tujuh serdadu AS mengalami luka-luka.

Pusat komando misi NATO di Afghanistan “Resolute Support”  mengkonfirmasi bahwa tujuh tentara AS cidera dan telah mengevakuasi para korban untuk diberikan perawatan. Sementara, seorang tentara Afghan tewas dan beberapa lainnya luka-luka.

Resolute Support merilis berita bahwa saat ini tengah melakukan penyelidikan atas insiden penembakan oleh “orang dalam” di dalam kompleks Kamp Shaheen di kota Mazar-e Sharif.

Di pihak lain, Imarah Islam (Taliban) menyatakan bertanggung jawab atas serangan tersebut melalui pernyataan yang dirilis via situs resmi Voice of Jihad. Dalam keterangannya, Taliban mengatakan, “(Pejuang bernama) Mas’ud dari propinsi Paktia telah bekerja di dalam satuan Korps Shaheen bersama pasukan khusus Afghan.”

Serangan “green on blue” yang terbaru ini terjadi di Markas Komando ke-209 Korps Shaheen di bawah matra Angkatan Darat Afghan, Mazar-e Sharif, propinsi Balkh. Sebelumnya pada bulan April lalu, di lokasi yang sama di Markas Shaheen ini terjadi serangan mematikan oleh Taliban. Saat itu 10 pejuang Taliban merangsek masuk dan menyikat habis lebih dari 140 tentara Afghan sebelum terjadi kontak senjata lebih lanjut. Taliban menyatakan telah menyusupkan tentaranya ke dalam tubuh Tentara Nasional Afghan sebelum aksi itu digelar. Insiden tragis yang mematikan ini memaksa Menteri Pertahanan dan Panglima Militer Afghan mengundurkan diri, termasuk 4 orang komandan militer dipecat.

Reporter: Yasin Muslim
Sumber: The Long War Journal

... shares

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Baca Juga

Taliban Akan Permalukan Trump di Afghanistan

Afghanistan - Senin, 23/01/2017 06:51

Lagi, Dua Tentara AS Tewas Akibat Serangan Penyusup

Afghanistan - Kamis, 20/10/2016 11:27