×

Enam Rudal Iran Hantam Dier Zour

Foto: Ilustrasi
... shares

KIBLAT.NET, Diera Zour – Garda Revolusi Iran mengumumkan pasukannya menargetkan rudal permukaan menengah ke Dier Zour Suriah. Serangan pertama kalinya yang dilepaskan dari wilayah Iran ini diklaim menyerang markas kelompok yang digambarkan “teroris dan takfiri”.

Seperti dilansir dari Al-Jazeera, Ahad (18/06), Garda Revolusi mengatakan bahwa serangan rudal tersebut sebagai balasan atas korban dua serangan yang menargetkan gedung parlemen Iran dan makam Khumaini di Teheran beberapa hari lalu. ISIS mengaku bertanggung jawab atas serangan ini.

Masih menurut Garda Revolusi, rudal tersebut menewaskan puluhan anggota ISIS dan “teroris” lainnya. Rudal ditembakkan dari pangkalan militer di dalam wilayah Iran, tepatnya di provinsi Kurdistan dan Kermanshah.

Iran juga mengancam pihak-pihak yang mendukung “teroris” menurut definisinya. Mereka, kata Iran, tak akan aman dan siap-siap menerima balasan.

Terkait serangan ini, kepala kantor Al-Jazeera biro Iran, Abdul Qadir Fayez, mengomentari bahwa Iran berupaya mengirim pesan pihaknya siap berkonfrontasi militer jika hal itu menyangkut keamanan negaranya.

Soal kenapa Dier Zour yang menjadi target, bukan Raqqah yang merupakan basis utama ISIS di Suriah, menurut Fayez bahwa Iran mendeteksi orang-orang yang terlibat serangan di negaranya berada di Dier Zour.

Sementara itu, sumber terpercaya di Garda Revolusi mengatakan setidaknya enam rudal menengah diluncurkan dalam serangan itu. Rudal-rudal itu melintasi wilayah udara Irak dan diklaim tepat mengenai sasaran.

Wartawan Al-Jazeera di Turki melaporkan bahwa informasi awal menunjukkan rudal itu jatuh di dua daerah. Salah satunya di sekitar kilang minyak Tanak yang dikenalikan oleh ISIS. Sementara serangan kedua menghantam kota Al-Mayadin.

Belum diketahui efek yang ditimbulkan dari serangan ini. Akan tetapi, informasi meyakinkan menyebutkan bahwa serangan itu membuat warga sipil yang tinggal di wilayah ISIS ketakutan.

Reporter: Sulhi El-Izzi
Sumber: Al-Jazeera

... shares

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Baca Juga

Jokowi: Negara Ini Kebanyakan Aturan

Indonesia - Senin, 23/10/2017 22:19

Masuk ke Kantor Facebook, Jokowi: Saya Syok

Indonesia - Senin, 23/10/2017 21:33