×

Pasukan Darat Irak Sentuh Basis ISIS Terakhir di Mosul

Foto: Militer Irak dalam pertempuran Mosul
... shares

KIBLAT.NET, Mosul – Militer Irak dan milisi sekutu pemerintah, Ahad pagi (18/06), dilaporkan mulai menyerbu basis terakhir pasukan Daulah Islamiyah (ISIS) di Mosul bagian barat. Seperti biasa, serangan ini diawali dengan gempuran sengit dari udara.

Kantor berita Al-Jazeera melansir dari media lokal mengatakan bahwa Komandan operasi “Kami Datang Wahai Nineveh”, Letnan Jenderal Abdul Amir Yarallah, mengumumkan bahwa militer, pasukan anti teror dan polisi federal mulai menggempur Mosul Tua untuk membebaskan sisa wilayah di Mosul bagian barat.

Mosul Tua merupakan benteng terakhir ISIS di Mosul barat. Di kawasan ini, organisasi tersebut mendeklarasikan khilafah. Daerah ini juga paling luas dan padat di antara daerah lainnya di Mosul barat.

Seorang sumber pejabat militer menjelaskan bahwa serangan udara sejak malam mengawali serangan ini. Pasukan darat bergerak pada subuh merebut sebagian dari kawasan tersebut.

Beberapa hari sebelumnya, militer Irak mengumumkan telah dekat operasi menyerbu Mosul Tua dari sisi utara. Pengumuman ini dikeluarkan menyusul kemajuan militer di pintu masuk kawasan Sinjar.

Setidaknya ISIS masih mengontrol tiga kawasan di Mosul barat. Ketiganya adalah Asy-Syifa’, Zanjily dan Mosul Tua. Sudah beberapa pekan, militer Irak dan milisi sekutunya mencoba melumpuhkan pasukan ISIS di kawasan Asy-Syifa’. Namun sampai saat ini belum berhasil.

Operasi militer di Mosul barat dimulai pada Februari tahun ini setelah Mosul bagian timur dibebaskan. Kota terbesar kedua di Irak itu terbagi dua, barat dan timur, yang dipisahkan oleh Sungai Tingris.

BACA JUGA  ISIS Tutup Akses ke Masjid An-Nur untuk Siapkan Pertempuran Terakhir

Kampanye militer di Mosul telah memasuki bulan ke delapan. Kendati banyak membebaskan wilayah namun operasi ini lebih lambat dari yang diperkirakan.

Reporter: Sulhi El-Izzi
Sumber: Al-Jazeera

... shares

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Baca Juga