×

Diduga Bocorkan Informasi, Otoritas Palestina Tahan Lima Jurnalis di Tepi Barat

Foto: Pasukan Otoritas Palestina
... shares

KIBLAT.NET, Tepi Barat – Sebuah organisasi non-pemerintah (LSM) setempat melaporkan bahwa pasukan keamanan kota Ramallah yang menjadi “ibukota” Otoritas Palestina pada hari Selasa (08/08) menahan lima orang wartawan. Kelimanya ditahan di wilayah Tepi Barat yang diduduki Israel dan didakwa terkait soal keamanan.

Dalam pernyataannya, lembaga penyiaran Radio Islam dan Television Union melaporkan bahwa kelima jurnalis itu sebelumnya digerebek dan ditangkap di rumah-rumah mereka di kota Hebron, Bethlehem, dan Nablus. Ditambahkan, pasukan keamanan juga menggeledah rumah dan menyita barang-barang mereka seperti HP dan computer.

Di antara kelima wartawan itu, dua orang merupakan reporter media Shehab dan channel al-Aqsa yang berafiliasi dengan kelompok perlawanan Hamas. Sementara tiga wartawan lainnya bekerja untuk channel satelit Al-Quds.

Televisi Union menyatakan, “Aksi-aksi penangkapan itu merupakan serangan terhadap kebebasan berbicara sekaligus tindakan represif terhadap kebebasan pers.” Lebih lanjut, asosiasi lembaga penyiaran televisi ini menyerukan supaya kelima jurnalis yang ditangkap itu segera dibebaskan. “Para jurnalis seharusnya tidak dikait-kaitkan dengan isu perpecahan di internal bangsa Palestina”, imbuhnya.

Sementara itu seorang pejabat keamanan Otoritas Palestina mengatakan kepada kantor berita Wafa bahwa para jurnalis itu ditangkap karena telah membocorkan informasi sensitif ke pihak musuh. (Rud)

Sumber: World Bulletin
Redaktur: Yasin Muslim

... shares

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Baca Juga