×

Koalisi Saudi Minta PBB Kelola Bandara Internasional Sanaa

... shares

KIBLAT.NET, Sanaa – Koalisi Arab pimpinan Arab Saudi mendesak PBB mengambil alih kendali bandara internasional Sanaa. Sejak pemberontak Syiah Hutsi merebut Sanaa, bandara tersebut berhenti beroperasi.

Juru bicara koalisi, Kolonel Turki Al-Maliki, Kamis (10/08), mengatakan bahwa pembukaan bandara internasional Sanaa sangat membantu untuk memperbaiki krisis di negara tersebut.

Untuk itu, Maliki mendesak PBB turun tangan untuk membuka kembali penerbangan komersial di Sanaa. Pengelolaan transportasi udara di bandara tersebut kembali dikelola di keamanan bandara ibukota.

Ia menambahkan, komando koalisi Arab siap mengawali penerbangan dari Sanaa jika manajemen bandara kembali baik dan keselamatan pesawat komersial terjamin.

Utusan PBB untuk Yaman, Ismail Walad Al-Syaikh Ahmad, dalam kunjungannya ke Yaman pada Kamis meminta bandara internasional Sanaa kembali dioperasikan. Bandara itu sudah tutup selama setahun. Ahmad menegaskan bahwa itu merupakan langkah utama untuk mengurangi krisis Yaman.

Permintaan pembukaan bandara Sanaa ini bersamaan dengan bergulirnya pembicaraan untuk mengaktifkan kembali negosiasi damai untuk krisis Yaman. Presiden Abduh Rabbah Manshur Hadi dan pejabatnya tengah membicarakan intensif hal itu kepada PBB.

Sebelumnya, PBB mengatakan bahwa jutaan warga Yaman terancam kelaparan tahun ini. Hal itu terjadi karena berkurangnya pasokan bahan makanan pokok dari luar Yaman. Pertempuran yang berlangsung selama hampir tiga tahun membuat negara tersebut jatuh dalam kemiskinan.

Sumber: Al-Jazeera
Redaktur: Sulhi El-Izzi

... shares

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Baca Juga

Ikut Lomba Panjat Pinang, Seorang Warga Tewas Terjatuh

Indonesia - Kamis, 17/08/2017 22:57

Perppu Ormas Lebih Ambigu dari UU Subversif Orde Baru.

Indonesia - Kamis, 17/08/2017 22:13