×

Pasukan Oposisi Mundur dari Wilayah Perbatasan Yordania

Foto: Suriah Selatan mencakup provinsi Daraa, Suwaida dan Qunaithirah
... shares

KIBLAT.NET, Suwaida – Dua oposisi bersenjata dan sumber militer Suriah mengatakan bahwa pasukan pemerintah dan sekutu mengambil alih wilayah 30 kilometer dari perbatasan dengan Yordania dalam serangan pada Kamis (10/08).

Media Perang milik Milisi Syiah Hizbullah Lebanon, yang merupakan sekutu setia pemerintah Suriah, mengatakan bahwa tentara Suriah dan sekutunya menguasai semua pos pemeriksaan dan titik-titik di perbatasan di provinsi Suwaida. Provinsi di Suriah Selatan itu merupakan salah satu dari empat provinsi Suriah yang berbatasan dengan Yordania.

Sejumlah kelompok oposisi bersenjata, beberapa di antaranya menerima dukungan dari negara-negara Arab dan Barat, masih mengontrol sebagian besar perbatasan antara Suriah, dan Israel di barat daya negara itu.

Provinsi Suwaida sendiri tidak termasuk bagian wilayah gencatan senjata yang ditengahi oleh Amerika Serikat dan Rusia Juli lalu.

Saad Saif, juru bicara kelompok oposisi dukungan Barat Asy-Syahid Ahmed Alabdo, mengatakan bahwa serangan rezim pada Kamis itu datang dari arah. Ia menegaskan bahwa seluruh pedesaan Suwaida Timur saat ini jatuh ke tangan rezim.

Saif menunjukkan bahwa militer Suriah saat ini telah mencapai perbatasan dengan Yordania, yang ditinggalkannya di awal konflik Suriah. Pasukan oposisi mengendalikan wilayah tersebut sejak beberapa tahun terakhir namun hari ini mereka menarik diri.

Ia menjelaskan bahwa kemajuan militer rezim itu terjadi setelah pasukan faksi Jaisy Al-Asyair yang didukung Yordania menarik diri. Selama ini, faksi tersebut yang mengendalikan wilayah perbatasan itu.

Pada bagiannya, sumber militer Suriah menggambarkan bahwa kemenangan itu merupakan kemenangan besar.

Sumber: Reuters Arabic
Redaktur: Sulhi El-Izzi

... shares

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Baca Juga

Ikut Lomba Panjat Pinang, Seorang Warga Tewas Terjatuh

Indonesia - Kamis, 17/08/2017 22:57

Perppu Ormas Lebih Ambigu dari UU Subversif Orde Baru.

Indonesia - Kamis, 17/08/2017 22:13