×

Polisi Tetapkan Enam Tersangka Kasus Pengiriman TKI Ilegal

Foto: Kabareskrim Komjen (Pol) Ari Dono.
... shares

KIBLAT.NET, Jakarta – Satuan Tugas (Satgas) Tindak Pidana Perdagangan Orang (TPPO) Subdit III Direktorat Tindak Pidana Umum Bareskrim Polri menetapkan enam orang tersangka tindak pengiriman TKI secara ilegal. TKI sedianya akan diberangkatkan ke Abu Dhabi, Uni Emirat Arab.

Kepala Badan Reserse dan Kriminal (Kabareskrim) Polri Komjen Ari Dono Sukmanto mengatakan enam tersangka ini di antaranya Fadel Assegaf (39 tahun), Muliati (37), Hera Sulfawati (47), Abdul Rahman Assegaf (59), Husni Ahmad Assegaf (47) dan Abdul Badar (35).

“Mereka telah memberangkatkan 110 TKI sepanjang tahun 2016 sampai 2017,” ujar Ari Dono di Bareskrim Polri, Gambir, Jakarta Pusat, Kamis (10/08).

Enam tersangka merupakan pemilik serta karyawan di PT Nurafi Ilman Jaya. PT yang berlokasi di Jalan Ikan Hias, Batu Ampar Condet, Jakarta Timur itu telah dicabut izinnya oleh Kementerian Tenaga Kerja sejak 30 Desember 2016.

Kasus ini terkuak saat Satgas TPPO bersama Kemenaker melakukan penggerebekan dan penggeledahan di PT Nurafi Ilman Jaya pada 10 Juli 2017 lalu. Mereka mengamankan 10 calon TKI yang akan diberangkatkan ke Abu Dhabi serta seorang karyawan, Hera Sulfawati.

Hera merupakan karyawan yang bertugas sebagai pendamping calon TKI selama melakukan tes uji kesehatan. Selain itu Hera juga sebagai penanggung jawab di penampungan PT Nurafi Ilman Jaya. Setelah dilakukan pengembangan, Fadel Assegaf selaku penanggung jawab PT Nurafi Ilman Jaya juga ditangkap pada hari berikutnya.

BACA JUGA  Begini Cara PT Nurafi Ilman Jaya Raup Miliaran Rupiah dari Pengiriman TKI Ilegal

Penyidik terus melakukan penelusuran hingga dapat mengamankan Abdul Rahman Assegaf selalu pihak yang selama ini membantu mengurus visa para korban. Setiap kali memproses penerbitan visa korban sebagai PRT di Abu Dhabi, Abdul Rahman mendapatkan Rp 2,2 juta per orang.

“Setiap melakukan proses penerbitan visa ini tersangka meminta persetujuan dan tandatangan dari Direktur PT Nurafi Ilman Jaya Husni Ahmad Assegaf, kemudian uang hasil pengurusan visa ini dibagi dua,” jelas Ari.

Kemudian satu tersangka lainnya yakni Abdul Badar yang berperan sebagai sponsor atau perekrut para Calon TKI. Badar telah merekrut sebanyak 360 orang yang diberangkatkan oleh beberapa perusahaan pemberangkatan TKI.

“Dia sudah mengirimkan calon TKI ke beberapa PJTKI, yaitu PT Nurafi Ilman Jaya, PT PTM, PT WIRA, PT Hasrat Insan Nurani, dan PT Amira,” tutupnya.

Reporter: Muhammad Jundii
Editor: M. Rudy

... shares

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Baca Juga