×

Lagi, Ratusan Sipil Raqqah Jadi Korban Serangan Koalisi AS

... shares

KIBLAT.NET, Raqqah – Aktivis Suriah melaporkan, Sabtu (12/08), sebanyak 946 warga sipil di kota Raqqah menjadi korban serangan udara koalisi pimpinan Amerika Serikat dalam dua bulan terakhir. Operasi militer di kota tersebut juga menyebabkan ratusan ribu orang meninggalkan rumah mereka mencari tempat aman.

“Sedikitnya 946 sipil terbunuh dalam rentan waktu 9 Juni hingga 8 Agustus akibat serangan koalisi yang dipimpin AS di kota Raqqah,” kata pernyataan kelompok aktivis, Ar-Raqqah Tudzabbahu bi Shamt (Raqqah Dibantai dalam Diam), di akun resmi media sosial, seperti dikutip portal arabi21.com, Sabtu.

Operasi militer juga menyebabkan sebanyak 450 sipil meninggalkan rumah mereka yang sejak dua bulan terakhir tidak mendapat pasokan listrik dan air. Hal itu terjadi karena operasi militer koalisi AS dan milisi kurdi yang didukungnya.

Jaringan aktivis tersebut menekankan, setidaknya 30 ribu warga sipil saat ini terperangkap di Raqqah yang sudah dikepung oleh milisi Kurdi. Di sisi lain, mereka takut keluar karena banyak ranjau yang dipasang pasukan ISIS untuk perisai.

ISIS terus berupaya keras mempertahankan Raqqah. Hal itu terlihat meningkatnya serangan “bom bunuh diri” yang mereka luncurkan. Dalam dua bulan ini, kurang lebih 60 operasi berani mati diluncurkan oleh gerakan yang saat ini terdesak itu.

Operasi pembebasan Raqqah dideklarasikan pada 6 Juli oleh koalisi AS dan milisi Kurdi. ISIS kembali menerapkan pertempuran Mosul untuk mempertahankan Raqqah. Hal itu menyulitkan milisi Kurdi. Posisi ISIS saat ini terdesak di pusat kota.

Korban sipil yang ditimbulkan pertempuran di tersebut, menurut data Jaringan HAM Suriah bulan lalu, sebanyak 1400 korban tewas. Di antara korban itu, 308 anak-anak dan 203 wanita. Mereka menjadi korban peluru koalisi AS, milisi Kurdi dan juga ISIS.

Kelompok aktivis Ar-Raqqah Tudzabbahu bi Shamt sendiri merupakan kumpulan warga sipil yang peduli dengan kondisi kota mereka. Akan tetapi, fokus utama kumpulan ini memantau kejahatan yang dialami warga Raqqah akibat kekejaman militer Suriah dan ISIS.

Sumber: Arabi21.com
Redaktur: Sulhi El-Izzi

... shares

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Baca Juga

Kurdi YPG “Kuningkan” Raqqah

Suriah - Senin, 23/10/2017 08:44

Menlu Saudi Urusan Teluk Kunjungi Raqqah

Suriah - Jum'at, 20/10/2017 08:09