×

Akhir Oktober, Data Pelanggan Kartu Prabayar Harus Sesuai KTP dan KK

Foto: Kementerian Komunikasi dan Informatika
... shares

KIBLAT.NET, Jakarta – Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) akan memberlakukan peraturan baru dalam hal registrasi pelanggan seluler. Dalam peraturan yang akan berlaku mulai tanggal 31 Oktober 2017 tersebut, data yang dimasukkan oleh pelanggan akan disesuaikan oleh petugas penyelenggara jasa telekomunikasi dan divalidasi ke database Ditjen Dukcapil.

Menteri Komunikasi dan Informatika, Rudiantara mengatakan bahwa peraturan tersebut merupakan salah satu bentuk upaya pemerintah dalam dalam mencegah penyalahgunaan nomor pelanggan dan memberikan perlindungan kepada konsumen.

“Sebagai komitmen memberikan perlindungan kepada konsumen serta untuk kepentingan national single identity. Selain itu manfaat lainnya adalah adanya keamanan, transparansi dan pelayanan nilai tambah bagi masyarakat,” katanya dalam Konferensi Pers mengenai Pemanfaatan Data Kependudukan dalam Pelaksanaan Registrasi Kartu Prabayar Telekomunikasi di Ruang Serbaguna Kementerian Kominfo, Jakarta, Rabu (11/10/2017).

“Ekosistem yang lain adalah bagaimana kita merujuk bahwa informasi yang disampaikan pelanggan saat registrasi adalah benar. Dengan adanya (data) Dukcapil maka validitas informasi yang disampaikan masyarakat adalah benar,” tambahnya

Nantinya proses registrasi akan dinyatakan berhasil apabila data yang dimasukkan oleh calon pelanggan atau pelanggan lama tervalidasi. Namun jika data yang dimasukkan tidak dapat tervalidasi meskipun telah memasukan data yang sesuai dengan E-KTP dan KK, maka pelanggan wajib mengisi surat pernyataan. Setelah proses validasi, penyelenggara jasa telekomunikasi mengaktifkan nomor pelanggan paling lambat 1×24 jam.

Reporter: Afriza
Editor: M. Rudy

... shares

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Baca Juga

Wow, Kominfo Berniat Blokir Facebook di Indonesia

Indonesia - Selasa, 06/06/2017 17:37