×

Lagi, Delegasi Militer Turki Masuki Wilayah Oposisi Suriah

Foto: Tank tempur Turki masuki wilayah Kobani beberapa bulan lalu/ilustrasi
... shares

KIBLAT.NET, Idlib – Rombongan delegasi militer Turki kembali memasuki Suriah pada Rabu (11/10). Mereka ditugaskan mensurvei lokasi pos-pos militer yang akan didirikan sebagai bagian dari realisasi kesepakatan pembicaraan Astana VI.

Sumber kantor berita Al-Jazeera mengatakan bahwa delegasi yang terdiri dari insinyur, ahli dan penasihat militer tersebut menuju ke wilayah kontrol oposisi di pedesaan Aleppo Barat. Rombongan itu dalam rangka menyempurnakan survei terhadap titik-titik dan pos-pos militer yang akan ditempati tentara Turki untuk mengawasi pelaksanaan gencatan.

Ini merupakan delegasi Turki kedua yang memasuki wilayah Suriah dalam waktu kurang dari sepekan. Ahad lalu, sebuah konvoi kendaraan militer Turki masuk Idlib dengan dikawal para pejuang Hai’ah Tahrir Al-Syam (HTS), hal menunjukkan terjadi kesepakatan antara keduanya meskipun sebelumnya sempat terjadi ketegangan di perbatasan.

Dalam konteks yang sama, Perdana Menteri Turki Ben Ali Yildirm mengatakan bahwa negaranya tidak memiliki ambisi di wilayah negara lain.

Dia menambahkan bahwa operasi militer yang sedang berjalan di Idlib dalam kerangka menghalangi upaya “teroris” membangun koridor di Suriah. Ia mengklaim bahwa Turki berusaha menciptakan sabuk perdamaian di wilayah tersebut, bukan sabuk teroris.

Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan mengatakan pada Ahad lalu bahwa fase pertama komitmen negaranya terhadap kesepakatan Astana mulai dilaksanakan. Ia mengaku, sampai saat ini operasi tersebut berjalan mulus tanpa ada halangan. Operasi ini melalui Free Syrian Army (FSA) yang didukung Turki.

Erdogan menambahkan bahwa tujuannya adalah untuk menerapkan strategi yang disepakati di Astana pada Idlib. Sementara Turki juga memiliki kepentingan di wilayah-wilayah yang berbatasan langsung dengan negaranya. Jika tidak, bom-bom dari wilayah Suriah akan menghujani kota-kota Turki.

Sumber: Al-Jazeera
Redaktur: Sulhi El-Izzi

 

... shares

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Baca Juga

Erdogan: Kami Mencapai Titik Temu dengan AS

Turki - Rabu, 29/11/2017 06:58