×

Panglima Militer Myanmar: Muslim Rohingya Bukan Penduduk Asli

Foto: Panglima militer Myanmar Min Aung Hlaing. (Global News)
... shares

KIBLAT.NET, Naypyidaw – Muslim Rohingya bukan penduduk asli Myanmar, ia dibawa oleh penjajah Inggris. Demikian kata panglima militer Myanmar Min Aung Hlaing kepada duta besar AS Scot Marciel seperti dikutip dari laman Facebook-nya, Kamis (12/10/2017).

Jenderal Buddha yang memiliki kekuasaan tertinggi di Myanmar itu menyebut Rohingya sebagai etnis Bengali. “Orang-orang Bengali tidak dibawa ke negara itu oleh Myanmar tapi oleh penjajah,” katanya kepada Marciel.

“Mereka bukan penduduk asli dan catatan membuktikan bahwa mereka bahkan tidak disebut Rohingya tapi hanya orang Bengali selama masa penjajahan,” imbuhnya.

Min Aung Hlaing mengatakan orang-orang Bengali lokal terlibat dalam serangan di bawah kepemimpinan ARSA. Karena itulah mereka mungkin telah melarikan diri karena mereka merasa tidak aman. Ia bersikeras bahwa Rohingya harus kembali ke daerah asal mereka.

“Tempat asli orang Bengali benar-benar Bengal,” katanya. “Mereka mungkin telah melarikan diri ke negara lain dengan bahasa, ras dan budaya yang sama dengan mereka dengan anggapan bahwa mereka akan berada di sana dengan lebih aman.

Dewan hak asasi manusia PBB mengatakan bahwa pasukan keamanan Myanmar telah secara brutal mengusir setengah juta Rohingya dari negara bagian Rakhine utara ke Bangladesh, membakar rumah, tanaman dan desa mereka untuk mencegah mereka kembali.

Sementara itu, para sejarawan mengatakan bahwa komunitas Muslim Rohingya tercatat tinggal di wilayah Rakhine jauh sebelum era kolonial.

Sumber: Al-Jazeera
Redaktur: Ibas Fuadi

... shares

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Baca Juga