×

Sidang Terorisme Klaten, TPM: Tak Ada Bukti Teror

Foto: Winarto (peci putih) dan Murjianto saat menjalani sidang.
... shares

KIBLAT.NET, Jakarta – Pengacara terdakwa terorisme Klaten, Winarno dan Murjianto merasa janggal dengan kasus yang menimpa kliennya. Sebab, kedua kliennya didakwa dengan pasal terorisme, sementara keduanya tidak melakukan tindakan teror.

“Dengan terang-terangan klien saya tidak tahu-menahu dengan bengkel itu. Mereka mengakui sebagai anggota JI (Jamaah Islamiyah). Tapi tidak melakukan pelatihan dengan senjata yang ada di bengkel itu,” kata Farid Ghozali saat dihubungi Kiblat.net pada Rabu (11/10/2017).

Farid menegaskan bahwa kliennya tidak mempunyai target tertentu untuk diteror sedari awal. Hingga saat ini sudah empat gelombang penangkapan dengan tudingan anggota JI dan akan melakukan kegiatan teror. Namun, lanjut dia, hingga kini tidak ada satupun bukti yang bisa dihadirkan oleh jaksa adanya target teror tertentu yang akan dilakukan kliennya.

“Jadi cuma sebatas mereka memiliki senjata angin saja. Sampai sekarang tidak ada target tertentu mereka mau melakukan teror. Tidak pernah terbukti, kejadiannya tidak ada. Dan klien kami tidak tahu-menahu perihal senjata di bengkel tersebut,” imbuhnya.

Padahal, kata Farid dari TPM, pada prinsipnya undang-undang teror itu merencanakan sesuatu kegiatan yang menyebabkan teror yang berakibat pada kematian orang, merusak fasilitas umum dan objek vital. Namun, apa yang ada di undang-undang teror tidak pernah dilakukan kliennya.

“Jadi unsur niat, bermaksud, apakah sudah dilakukan kegiatan-kegiatan yang dapat mengakibatkan kematian orang secara meluas tidak terbukti,” tandasnya.

Reporter: Taufiq Ishak
Editor: M. Rudy

... shares

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Baca Juga

Inilah Motif Terdakwa Simpan Senjata Angin

Indonesia - Rabu, 17/12/2014 10:20

Saksi Akui Poso Pernah Rusuh Sebelum Tentena Dibom

Indonesia - Kamis, 11/12/2014 17:03