ISIS di Dier Zour Dikabarkan Bernegosiasi dengan Rezim

Foto: Pejuang ISIS di Kota Deir Zour.
... shares

KIBLAT.NET, Dier Zour – Gerilyawan Organisasi Daulah Islamiyah (ISIS) di kota Dier Zour, Suriah, dikabarkan sedang bernegosiasi dengan rezim untuk keluar dari kawasan-kawasan kontrol mereka di kota tersebut.

Wartawan jaringan berita Dier Zour Furat Post, Suhaib al-Jaber, membenarkan adanya negosiasi itu. Kepada portal Arabi21.com, Selasa (31/10), dia menunjukkan bahwa di kota tersebut sudah tidak ada anggota ISIS dari luar Suriah.

Ia menjelaskan, sejak dua bulan lalu, ISIS menyerahkan tugas menjaga warga sipil kepada unit Suqur Ali dan Suqur Anshar. Keduanya merupakan satuan militer lokal yang sebelumnya bagian dari Free Syrian Army (FSA). Mereka menyatakan menjadi bagian dari ISIS pada 2014.

Menurut Jaber, komandan militer ISIS di Dier Zour yang dikenal dengan nama Ahmad Daham sendiri yang mengajukan syarat, para pejuang ISIS boleh keluar dengan membawa seluruh senjata dengan imbalan kota diserahkan kepada rezim. Namun syarat ini ditolak yang lain.

Jaber menunjukkan bahwa negosiasi ini terjadi setelah gerilyawan ISIS terdesak hanya di dua lingkungan, yaitu Hamidiyah dan Al-Syaikh Yasin, dan sebagian di daerah-daerah kecil.

Di saat yang sama, sumber-sumber lokal mengungkapkan belum terjadi kesepakatan karena tidak ada jaminan pasti untuk pejuang ISIS. Mereka mengatakan bahwa anggota ISIS rencananya menuju kota Abokamal di pedesaan Dier Zour timur.

Terkait informasi tersebut, Jaber tidak mengesampingkan keikutsertaan milisi Kurdi Pasukan Demokratik Suriah (SDF) ke dalam garis negosiasi. Hal itu karena SDF mengontrol wilayah luas yang juga berbatasan dengan wilayah ISIS di Dier Zour.

BACA JUGA  Begini Dominasi Taliban di Provinsi Helmand

Jaber mengungkapkan bahwa saat ini telah terjadi kesepakatan anggota ISIS dan sebanyak 1300 warga sipil boleh keluar dari kota-kota yang terblokade di Dier Zour. Mereka akan meninggalkan kota melintasi wilayah kontrol milisi SDF.

Dia berharap kesepakatan seperti ini bisa meminimalkan korban sipil dan kehancuran. Dier Zour saat ini hancur karena serangan udara bertubi-tubi dan serangan milisi-milisi pendukung rezim. Pembantaian hampir setiap hari terjadi sementara wilayah ISIS sudah terisolasi total.

Sumber: Arabi21.com
Redaktur: Sulhi El-Izzi

... shares

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Baca Juga

Kurdi YPG “Kuningkan” Raqqah

Suriah - Senin, 23/10/2017 08:44