Turki Soroti Dukungan AS atas Kesepakatan Rahasia ISIS-Kurdi di Raqqah

Foto: Milisi Kurdi masuki pusat Kota Raqqah [foto: Sky News Arabia]

KIBLAT.NET, Ankara – Kementerian Luar Negeri Turki pada Rabu (15/11/2017) lalu menyoroti kesepakatan rahasia antara kelompok ISIS dan kelompok Kurdi PKK/ PYD di Suriah.

PKK/ PYD di Suriah dianggap oleh Ankara sebagai cabang dari organisasi teror PKK yang telah memerangi Turki lebih dari 30 tahun.

Dalam sebuah pernyataan tertulis, Kementerian menyebut bahwa evakuasi anggota ISIS dari kota Raqqa di Suriah dengan bantuan PKK/ PYD adalah suatu hal yang sangat buruk.

“Seperti yang telah kami tekankan pada setiap kesempatan, tujuan PKK/ YPG di Suriah bukan untuk melawan ISIS tapi untuk menciptakan ketentuan yang tidak sah di lapangan, untuk menduduki wilayah dan untuk mengubah struktur demografis mereka,” kata kementerian itu seperti dikutip Orient News.

“Kesepakatan tersebut menetapkan sebuah contoh baru mengenai fakta bahwa melawan sebuah organisasi teroris dengan (organisasi teroris) lain pada akhirnya akan mengakibatkan organisasi ini saling berkolusi,” katanya.

Kementerian juga mengaku sangat menyesalkan pernyataan juru bicara Koalisi Global melawan ISIS dan Departemen Pertahanan AS, yang menyatakan hormat atas kesepakatan tersebut.

Diketahui sebelumnya, juru bicara Pentagon Eric Pahon membela kesepakatan PKK/ PYD untuk mengizinkan ratusan anggota ISIS melarikan diri dari Raqqah. Dia menyebut kesepakatan itu sebagai bagian dari “solusi lokal untuk masalah lokal”.

Sumber: Orient News
Redaktur: Ibas Fuadi

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Baca Juga

ISIS di Dier Zour Dikabarkan Bernegosiasi dengan Rezim

Afghanistan - Rabu, 01/11/2017 07:15

Kurdi YPG “Kuningkan” Raqqah

Suriah - Senin, 23/10/2017 08:44