×

AS Imbau Kedutaan di Seluruh Dunia Tingkatkan Keamanan

Foto: Kantor Kedutaan AS di Jakarta, Indonesia.
... shares

KIBLAT.NET, Washington – Departemen Luar Negeri AS mengirimkan peringatan kepada kedutaan di seluruh dunia untuk meningkatkan keamanan. Hal itu menyusul pengumuman Presiden Donald Trump bahwa AS akan mengakui Yerusalem (Al-Quds) sebagai ibukota Israel.

Situs Politico melaporkan pada hari Senin bahwa dua surat rahasia telah dikirimkan ke pejabat Departemen Luar Negeri dalam seminggu terakhir, di tengah kekhawatiran bahwa pengumuman tersebut akan memancing demonstrasi.

Sementara itu, Konsulat Jenderal Amerika di Yerusalem men-tweet sebuah pesan pada hari Rabu yang melarang pejabat pemerintah dan karyawan mereka untuk melakukan perjalanan pribadi ke Kota Tua Yerusalem dan Tepi Barat sampai pemberitahuan lebih lanjut.

“Perjalanan ke daerah-daerah itu hanya diizinkan untuk melakukan perjalanan penting dan dengan pengamanan tambahan,” katanya seperti dikutip Al-Jazeera, Rabu (06/12/2017).

Warga negara AS juga telah diimbau untuk menghindari keramaian dan daerah dengan tingkat keamanan rendah saat bepergian di Israel, Tepi Barat dan Gaza.

Sebuah laporan muncul pada hari Jumat, yang menyebut bahwa Trump mempertimbangkan untuk mengakui Yerusalem sebagai ibukota Israel dan memindahkan kedutaan AS dari Tel Aviv.

Langkah seperti itu memicu kecaman dari para pemimpin dunia. Mereka mengatakan keputusan tersebut akan menghalangi proses perdamaian.

Israel menganggap Yerusalem sebagai ibu kota “persatuan”, menyusul pendudukan Yerusalem Timur dalam perang 1967 dengan Suriah, Mesir dan Yordania. Status kota merupakan isu yang sangat sensitif dalam krisis Israel-Palestina. Sementara warga Palestina telah lama melihat Yerusalem Timur sebagai ibu kota negara mereka di masa depan.

Sumber: Al-Jazeera
Redaktur: Ibas Fuadi

... shares

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Baca Juga

Bebaskan Al-Quds dengan Jalan Jihad

Opini - Sabtu, 16/12/2017 23:49

10 Alasan Kenapa Umat Islam Membela Baitul Maqdis

Artikel - Kamis, 14/12/2017 20:20