Ditugaskan Mengawal, Oknum Polisi Rampok Uang Bank Mandiri Rp10 Miliar

Foto: Kepolisian Republik Indonesia (Polri)

KIBLAT.NET, Jakarta – Anggota kepolisian di Kalimantan Selatan terlibat dalam perampokan kas Bank Mandiri senilai Rp10 miliar. Hal itu dilakukan saat sang oknum mengawal pengiriman uang milik bank itu.

Sungguh ironis, seorang oknum Polres Tabalong, Kalimantan Selatan merampok uang kas Bank Mandiri saat bertugas untuk melakukan pengawalan. Perampokan dilakukan Brigadir Jumadi saat dilakukan pengiriman uang senilai Rp10 miliar dan USD25 ribu dari Bank Mandiri Banjarmasin ke cabang Tabalong.

Sebagaimana diterangkan Kepala Biro Penerangan Masyarakat Polri, Brigadir Jenderal Polisi Mohammad Iqbal oknum polisi anggota Polres Tabalong tersebut benar terlibat dalam perampokan. “Polda Kalimantan Selatan yang sekarang nanganin,” kata Iqbal, Jumat (05/01/2017) seperti dikutip Republika.co.id.

Sementara itu, Kabid Humas Polda Kalimantan Selatan (Kalsel) AKBP Mochammad Rifai menerangkan bahwa anggota polisi pelaku perampokan telah berhasil ditangkap. Dalam aksinya, Jumadi dibantu oleh seorang temannya. “Sudah tertangkap dan sudah diamanakan,” kata Rifai, Jumat (05/01/2017).

Perampokan yang dilakukan kedua orang tersebut bermula pada saat Jumadi ditugaskan mengawal petugas teller dan pengemudi Bank Mandiri, yang membawa uang dari cabang Banjarmasin menuju Bank Cabang Tabalong. Yongki, rekan Jumadi, berpura-pura menumpang dalam mobil yang ditumpangi rombomngan itu. Saat perjalanan menuju Tabalong, pelaku meminta singgah lebih dulu di Polsek Martapura dengan alasan mengambil sesuatu yang tertinggal.

Di jalanan yang sepi, pelaku kemudian menodongkan pistol kepada petugas bank dan pengemudi. Petugas teller dan pengemudi kemudian dibekap ditutup matanya dan diikat tangan serta kakinya, kemudian dibuang di daerah gambut. Masyarakat setempat kemudian menolong driver dan teller tersebut. Hingga kemudian kasus ini terungkap dan langsung ditindaklanjuti oleh Polda Kalsel.

BACA JUGA  Tokoh Islam dari Berbagai Harokah Akan Berkumpul di Muslim United Yogyakarta

Pihak kepolisian kini telah mengamankan para pelaku. “Yongki sudah diamankan lebih dulu, dia (Yongki) masyarakat bukan anggota,” kata Rifai.

Sedangkan Jumadi ditangkap saat tengah bersembunyi di rumah kerabatnya di Landasan Ulin Banjarbaru. “Sekitar pukul 08.20 WITA dilakukan penangkapan,” tukas Rifai.

Sumber: Republika
Redaktur: Imam S.

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Baca Juga