Islam Diramalkan Menjadi Agama Terbesar Kedua di AS pada 2040

Foto: Warga Muslim di Amerika Serikat/Ilustrasi
... shares

KIBLAT.NET, Washington – Sebuah lembaga penelitian AS baru-baru ini meramalkan bahwa umat Islam akan menjadi kelompok agama terbesar kedua di Amerika Serikat pada tahun 2040.

Pew Research Center (PRC) dalam laporannya yang dilansir The Independent dan dinukil Al-Jazeera pada Kamis (11/01) mengatakan bahwa saat ini ada sebanyak 3,45 juta Muslim di Amerika Serikat, terhitung 1,1 persen dari populasi negara tersebut.

Namun, PRC mencatat dalam studinya bahwa umat Islam dalam 22 tahun ke depan, akan menggantikan orang-orang Yahudi sebagai komunitas religius terbesar kedua di negara ini.

Jumlah Muslim di Amerika Serikat diperkirakan mencapai 8,1 juta pada tahun 2050.

Ihsan Bagby, profesor studi Islam di University of Kentucky sekaligus anggota Dewan Pertimbangan PRC mengatakan bahwa Amerika Serikat harus menerima kenyataan bahwa Islam menjadi bagian penting dari struktur masyarakat Amerika.

Dalam sebuah wawancara dengan NBC News, Bagby mengungkapkan keyakinannya bahwa “sejumlah besar orang Amerika mulai menerima kenyataan itu, tapi yang lain belum menerimanya.”

“Kita akan melalui transisi ini, karena di mata sebagian besar orang Amerika, Islam sebenarnya bukan bagian dari masyarakat Amerika,” katanya.

Profesor tersebut mengatakan bahwa seiring konflik yang terus melanda Negara-negara Muslim, akan semain banyak warga Muslim yang mungkin mencoba untuk bermigrasi ke Amerika Serikat.

“Ada migrasi dari orang-orang yang hanya berusaha memperbaiki kondisi ekonomi dan pendidikan mereka, namun ada gelombang orang yang melarikan diri dari negara mereka,” katanya.

BACA JUGA  AS dan Rusia "Perang" di DK PBB terkait Serangan Kimia di Douma

Profesor Bagby menyimpulkan bahwa semakin besar kekacauan yang dialami dunia Muslim, semakin besar motivasi warganya untuk bermigrasi.

Sumber: Al-Jazeera
Redaktur: Sulhi El-Izzi

... shares

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Baca Juga

Penembak 6 Jamaah Masjid Quebec Merasa Tak Bersalah

Amerika - Selasa, 27/03/2018 10:45

Di Belanda, Demonstrasi Anti-Muslim Sepi Peminat

Indonesia - Senin, 19/03/2018 10:37