Kendaraan Tempur Turki Terlihat dalam Serangan Balik Pejuang Idlib

... shares

KIBLAT.NET, Idlib – Kendaraan lapis baja Turki berpartisipasi dalam serangan balik besar-besaran yang digulirkan oposisi Suriah di pedesaan Idlib selatan pada Kamis (11/01). Penampakan kendaraan militer Turki itu terlihat melalui video yang dipublikasikan faksi Faylaq Al-Syam.

Kendaran tempur itu berada di barisan faksi Faylaq Al-Syam. Kepada portal enabbaladi.net, sumber pejuang Faylaq membenarkan pejuangnya menggunakan kendaraan militer Turki dalam pertempuran Kamis. Faylaq menerima kendaraan itu sejak lima bulan lalu.

Penggunaan militer Turki oleh faksi oposisi Suriah ini merupakan pertama kalinya dalam konfrontasi militer di wilayah Idlib.

Faylaq Al-Syam bersama Jaisyun Nasr, Jaisy Idlib Al-Hurr, Jaisyun Nuhkbah dan Jaisyul Tsani membentuk ruang operasi bersama di bawah sandi “Radd Ath-Thuyan”. Ruang operasi ini bertujuan menghadang serangan militer Suriah dan milisi sekutunya di pedesaan Hama timur laut dan Idlib selatan.

Militer Suriah sejak dua pekan terakhir meluncurkan kampanye militer besar-besaran di pedesaan Idlib untuk merebut banda militer Abu Dzuhur. Puluhan desa dan kota berhasil direbut selama kampanye tersebut.

Kamis pagi, pejuang meluncurkan operasi militer bersama sebagai serangan balasan. Ahrar Al-Syam, Hai’ah Tahrir Al-Syam (HTS), Hizb Islamy At-Turkistani dan faksi-faksi lainnya juga turut dalam serangan tersebut. Puluhan tentara musuh dilaporkan berhasil dilumpuhkan dan sejumlah desa kembali direbut.

Faylaq Al-Syam merupakan salah satu faksi yang berpartisipasi dalam perundingan permukiman Suriah di Astana dengan partisipasi komandan militernya, Yasser Abdul Rahim, yang didukung oleh Ankara. Menurut informasi yang beredar, Turki mendukung Faylaq dengan peralatan militer untuk menjadi lengan militernya di Suriah.

BACA JUGA  Donald Trump Umumkan Serangan ke Suriah Resmi Dimulai

Sumber: Enabbaladi.net
Redaktur: Sulhi El-Izzi

... shares

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Baca Juga

Gempuran ke Idlib Berhenti, Ada Apa?

Suriah - Senin, 12/02/2018 10:55

Detik-detik Pejuang Suriah Tembak Jatuh SU-25 Rusia

Video News - Senin, 05/02/2018 14:51