×

Terbukti Tak Terlibat Kudeta Turki, 1.800 Lebih PNS Dibebaskan

Foto: Suasana jembatan Bosporus saat kudeta Turki
... shares

KIBLAT.NET, Ankara – Pemerintah Turki membebaskan lebih dari 1.800 pegawai negeri sipil (PNS) dalam sebuah keputusan darurat pada Jumat (12/01/2018). Setelah diselidiki, para PNS itu terbukti tidak memiliki hubungan dengan kelompok Fethullah Gulen yang dipersalahkan atas kudeta yang gagal pada 2016.

Sebelumnya, para PNS dipecat dan ditangkap setelah mendownload aplikasi pesan terenkripsi yang dikenal dengan ByLock. Pihak berwenang menyebut aplikasi tersebut digunakan untuk mendukung upaya kudeta.

Namun akhir tahun lalu, pihak berwenang mengatakan bahwa aplikasi tersebut tanpa sengaja diunduh oleh ribuan orang. Sementara itu, Gulen membantah tuduhan Turki dan menegaskan bahwa gerakannya adalah kelompok yang damai.

“Sebanyak 1.823 pegawai negeri akan kembali bekerja, termasuk 544 personel dari kementerian pendidikan dan 204 staf kementerian kesehatan,” kata pernyataan dari pemerintah Turki. Selain itu, 458 personil dari kepolisian dapat kembali ke pekerjaan mereka.

Untuk diingat, setelah kudeta terhadap Presiden Recep Tayyip Erdogan gagal, Turki memberlakukan keadaan darurat yang telah diperbaharui lima kali dan kemungkinan akan diperpanjang lagi bulan ini.

Dengan menggunakan keputusan darurat, lebih dari 140.000 PNS telah dipecat atau ditangguhkan termasuk guru, hakim, polisi dan akademisi sejak Juli 2016.

Lebih dari 50.000 orang telah ditangkap, termasuk banyak yang diduga memiliki kaitan dengan Gulen karena diduga mendownload aplikasi ByLock.

Bulan lalu jaksa wilayah Ankara mengatakan bahwa 11.480 orang diarahkan ke aplikasi ByLock tanpa menyadari atau memberi izin.

Sumber: Middle East Eye
Redaktur: Ibas Fuadi

... shares

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Baca Juga