Begini Kronologi Jatuhnya Pesawat Sukhoi di Idlib Versi Rusia

KIBLAT.NET, Idlib – Jatuhnya pesawat tempur jenis Sukhoi milik Rusia di tangan oposisi di Idlib merupakan pertama kalinya terjadi. Pesawat itu ditempak jatuh oleh pejuang dari Haiah Tahrir Al-Syam pada Sabtu (03/02/2018).

Seperti dilansir dari The Washington Post, militer Rusia secara resmi membenarkan serangan yang menyasar pesawat tempur milik negaranya itu. Pesawat meledak setelah dihantam rudal yang diluncurkan oleh HTS.

Menurut keterangan Kementerian Pertahanan Rusia, pilot yang mengenderai jet canggih itu bernama Mayor Roman Filipov. Ia berhasil lolos dengan kursi pelontar. Sayangnya, si pilot tak berhasil lolos dari kejaran oposisi. Filipov justru mendarat dengan mulus di area lawannya.

Menteri Pertahanan Sergei Shoigu menambahkan, pejuang HTS kemudian mengepung pilot sesaat setelah menginjak tanah. Perlawanan sempat terjadi. Namun, menurut keterangan Rusia, si pilot lebih memilih bunuh diri dengan cara meledakan diri menggunakan granat.

Keterangan tersebut berbeda dengan sejumlah berita yang bersumber dari pihak oposisi. Di mana, dikabarkan bahwa si pilot yang mendarat di kawasan oposisi tewas dibrondong peluru setelah melakukan perlawanan saat hendak ditawan.

Kendati demikian, Menteri Sergei Shoigu kemudian memerintahkan agar Filipov diberi medali kehormatan tertinggi negara Rusia yaitu Hero of Russia.

Sementara itu, gerakan Haiah Tahrir Al-Syam (HTS) mengaku bertanggung jawab atas serangan itu. Gerakan yang menguasai mayoritas Idlib ini mengumumkan bahwa serangan itu dilakukan dengan menggunakan misil anti pesawat yang ditembakkan dengan dipanggul. Senjata ini bisa menjangkau pesawat yang terbang tinggi. Jet-jet tempur Rusia umumnya terbang sangat tinggi dalam setiap operasi tempur di Suriah untuk menghindari serangan lawan.

BACA JUGA  Kemenag Tetapkan Idul Fitri Jatuh Hari Rabu

Sumber: The Washington Post
Redaktur: Syafi’i Iskandar

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Baca Juga

Catatan Operasi Militer HTS Dalam Sepekan di Idlib

Suriah - Jum'at, 15/03/2019 10:05