MIUMI Tegaskan Pentingnya Tema Kepemimpinan Umat Islam

Foto: Tabligh Akbar bertema 'Pemimpin Kebangkitan Peradaban Islam' di Masjid Ad-Dua, Bandar Lampung, Sabtu malam (10/02/2018)

KIBLAT.NET, Bandar Lampung – Majelis Intelektual dan Ulama Muda Indonesia (MIUMI) menilai kepemimpinan merupakan tema penting umat Islam yang saat ini sangat perlu untuk diseriusi.

Ketua MIUMI DKI Jakarta KH. Fahmi Salim mengatakan, kondisi umat Islam yang sedang dalam keadaan memprihatinkan, lemah, dan terpecah belah baik di tingkat lokal maupun global pangkalnya adalah persoalan kepemimpinan.

Ia menegaskan, tema kepemimpinan menjadi tema yang sentral dalam Islam. Sebagaimana saat Nabi Muhammad wafat di mana kaum muslimin mendahulukan mengangkat dan membaiat khalifah sebelum nabi dikebumikan.

“Itulah pentingnya kepemimpinan dalam Islam,” ujarnya dalam Tabligh Akbar bertema ‘Pemimpin Kebangkitan Peradaban Islam’ di Masjid Ad-Dua, Bandar Lampung, Sabtu malam (10/02/2018).

Fahmi Salim menjelaskan, bagaimana pelaksanaan syariat Islam sangat bergantung pada adanya kepemimpinan umat yang adil dan shalih.

“Kalau tidak, umat akan rusak dan lemah meskipun tunas Islam tetap hidup,” ungkapnya.

Dalam istilah fikih, terangnya, kepemimpinan disebut dengan imamah, yang tujuannya adalah meneruskan dan menggantikan fungsi peran kenabian. Dimana wahyu dan sunnah sudah turun sempurna, sehingga perlu dilanjutkan dengan kepemimpinan.

“Fungsi kenabian dimaksud adalah dalam hal menjaga dan memelihara praktik penerapan syariat Islam di tengah umat,” pungkasnya.

Tabligh Akbar yang diikuti seribuan jamaah tersebut turut dihadiri oleh Sekjen MIUMI Pusat KH. Bachtiar Nasir dan Ketua MIUMI Lampung Bukhori Abdul Shomad.

BACA JUGA  Soal Kenaikan Iuran BPJS, Fachmi Idris: Pemerintah Tidak Menentang Putusan MA

Reporter: Yahya/ JITU
Editor: M. Rudy


Jika tulisan ini bermanfaat bagi Anda dan banyak orang, dukung kami membantu terus menginformasikan berita dan tulisan terbaik untuk Anda. Kiblat.net adalah media Islam independen non-partisan yang dikelola mandiri. Anda dapat memberikan donasi terbaik supaya kami dapat terus bekerja di bidang dakwah media.

Donasi Sekarang

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Baca Juga

Integritas Seorang Pemimpin

Suara Pembaca - Kamis, 14/05/2020 11:38

Mewaspadai Tiga Golongan Manusia

Suara Pembaca - Senin, 04/02/2019 12:57