×

Helikopter Turki Ditembak Jatuh di Afrin

KIBLAT.NET, Ankara – Presiden Turki Tayyip Erdogan mengatakan, Sabtu (10/02), milisi Pasukan Perlindungan Rakyat Kurdi (PKK) menembak jatuh helikopter militer Turki di dekat kota Afrin, utara Suriah.

“Salah satu helikopter kita jatuh ditembak baru-baru ini. Musibah itu pasti akan terjadi karena kita dalam kondisi perang. Kita kehilangan helikopter tapi mereka harus membayar mahal,” kata Erdogan dalam sebuah pidato di Istanbul di depan anggota Partai AKP.

Militer Turki tidak menjelaskan penyebab jatuhnya helikopter tersebut dalam pernyataannya ke media dan hanya mengatakan karena alasan teknis. Militer Turki juga mengonfirmasi dua awak yang mengemudikan helikopter tersebut tewas.

Ini adalah konfirmasi resmi pertama pihak Turki atas kerugian salah satu pesawatnya di Suriah sejak pecahnya perang di sana.

Tentara Turki mengatakan dalam total sembilan tentara tewas dan 11 lainnya luka-luka pada hari Sabtu dalam bentrokan dengan pasukan Kurdi di dekat Afrin. Turki mengatakan telah membunuh 39 militan Kurdi.

Ankara melancarkan serangan udara dan darat bulan lalu terhadap militan Kurdi di daerah perbatasan Suriah di Afrin. Turki membuka front baru dalam perang Suriah.

Militer Turki mengatakan dalam sebuah pernyataan pada hari Jumat bahwa proses pembentukan sebuah lokasi militer kelima di dekat Idlib di Suriah barat laut telah dimulai.

Sumber: Reuters
Redaktur: Sulhi El-Izzi

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Baca Juga

Afrin Jatuh ke Tangan Turki dan FSA

Suriah - Senin, 19/03/2018 06:36

Turki: Afrin Sudah Terkepung

Suriah - Rabu, 14/03/2018 10:32