Israel Tuduh Turki Beri Bantuan untuk Hamas

Foto: Lambang Hamas (sumber: Hamas.ps)
... shares

KIBLAT.NET, Tel Aviv – Pemerintah Israel menuduh Turki membantu kelompok Hamas Palestina untuk memperoleh kekuatan militer. Tuduhan ini muncul setelah Israel menangkap dan mendeportasi warga Turki.

“Kegiatan ekonomi dan militer gerakan tersebut di Turki, terjadi tanpa hambatan saat pejabat Turki menutup mata sedangkan dalam beberapa kesempatan justru membatunya,” ungkap badan intelijen Israel, Shin Bet seperti dikutip dari Al Arabiya pada Selasa (13/02/2018).

”Kegiatan ini bergantung pada platform bisnis yang melayani Hamas dalam pencucian dana yang dikirim ke Yudea dan Samaria (Tepi Barat) dan digunakan untuk merekrut orang Israel,” lanjut Shin Bet.

Shin Bet mengatakan bahwa warga Turki yang tertangkap itu bernama Cemil Tekeli. Ia ditangkap pada 1 Januari karena membantu Hamas dan kemudian dideportasi. Sedangkan rekannya bernama, Dharam Jabarin seorang warga Israel-Arab juga ditangkap dan akan diadili.

”Dalam penyelidikan Tekeli, diketahui bahwa Turki berkontribusi pada penguatan militer Hamas,” jelas Shin Bet, yang mengatakan bahwa gerakan tersebut telah melancarkan aliran dana jutaan dolar melalui Turki.

Sebelumnya, Pemerintah Turki mengecam sebuah keputusan pemerintah Amerika Serikat yang menempatkan pemimpin Hamas dalam daftar teroris. Turki berharap tindakan AS tersebut tidak akan berdampak negatif terhadap bantuan kemanusiaan Turki ke wilayah Gaza, Palestina.

Sumber: Al Arabiya
Redaktur: Syafi’i Iskandar

... shares

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Baca Juga

Filipina Klaim Tahan Ahli Kimia Hamas

Philipina - Selasa, 23/01/2018 07:21

Anggota Hamas di Lebanon Jadi Target Serangan Bom

Lebanon - Senin, 15/01/2018 11:37