×

Pembimbing Umroh Baca Pancasila Ketika Sa’i Bikin Riuh Jagad Maya

Foto: Sa'i. (Ilustrasi)

KIBLAT.NET, Jakarta – Belum lama video pembimbing umroh membaca Pancasila ketika melakukan sa’i ramai menjadi perbincangan warganet. Pembimbing umroh itu diketahui bernama Said Humaidy Aba Nick. Ia membagikan videonya melalui akun Facebook pribadinya pada Sabtu (10/02/2018) lalu.

“Putaran ketiga, sai pada waktu umrah kedua. 10 Februari 2018. Semoga menjadi umrah yang mabrur. Amiiin..99x. InsyaAllah. Dan Mohon maaf bila dulur-dulur tidak berkenan atas video niki. Kulo punya makna tersendiri pada Pancasila,” tulisnya bersamaan dengan unggahan video itu.

Video itu kini telah dihapus pemilik akun, yang dilanjutkan dengan permintaan maaf atas unggahan itu.

“Itu murni kekhilafan saya, tidak ada maksud menghina pancasila apalagi agama,” tulisnya pada Selasa (13/02/2018).

“Ini murni pengalaman spiritual pribadi saya yang secara tak sengaja ngikut tampil di majelis publik,” kata Said berkilah.

Meski telah dihapus dari akun pribadinya, banyak yang membagikan video tersebut melalui media-media sosial lain, seperti Youtube. Said berharap agar video-video itu tidak disebarkan lagi.

“Maaf, saya telat menyadarinya karena syughul (sibuk.red) umroh dengan jamaah,” katanya memberi alasan.

Atas permintaan maaf ini, warganet pun ramai memberi tanggapan. Dari yang memaklumi hingga tak jarang yang memberikan cibiran pedas.

“Semoga tidak ada lagi kejadian yg serupa kayak kemarin. Jujur sakit hati ini lihat videonya kemarin kerasa terhina agama kita,” kata Ahmad Maki.

BACA JUGA  Penjajah Gunakan Diksi yang Sama untuk Melemahkan Islam

“Trus ngapain jauh2 kesana cuma ngapalin pancasila..duh bapak ngapunten nggih… Haji n umroh itu sudah ada tata caranya,,doanya pun sudah ada..malah pancasila d bawa bawa. Nanti d alam barzah apa pancasila masih berfungsi??? Bpk dari lamongan,,saya pun dari lamongan…masa viralnya bab beginian..malu saya pak,” kata Hery Saputra

“Ah itu MH cari sensasi aja, setau sy boro2 mikirin kta2 nyeleneh saat sa’i yg ada di pikiran saat itu ingin ibadah kita di terima Allah SWT, dan sesuai dengan perintah nya,(pengalaman pribadi) boro2 mau bikin Vidio mau selvy2 aj waktu jalanin ibadah GK kepikiran tuh, kecuali selesai menjalan rukun haji dan umroh nya,” Arief Awaludin.

Sa’i sendiri menjadi rukun dari ibadah haji maupun umroh, yang dilakukan dengan berlari-lari kecil dari Shafa dan diakhiri di Marwah sebanyak tujuh kali. Ketika sa’i disunnahkan memperbanyak zikir, tasbih dan doa. Dan setiap sampai di Shafa atau Marwah membaca takbir tiga kali dengan mengangkat kedua tangan seraya menghadap ke Ka’bah.

Reporter: Ibas Fuadi
Editor: M. Rudy

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Baca Juga