Berhijab Sesuai Syar’i Rumusnya 24:31+33:59, Apa Maksudnya?

Foto: Founder Hijab Syar'i Tangerang, Yola Al-Khansa

KIBLAT.NET, Jakarta – Founder Hijab Syar’i Tangerang, Yola Al-Khansa, menjelaskan bagaimana berhijab syar’i di saat fenomena berhijab masa kini yang masih cenderung semaunya bukan sebagaimana Allah perintahkan.

“Saya sharing seputar ‘Hijab ku Awal Hijrahku’. Menjelaskan bagaimana sekarang ini banyak muslimah yang berjilbab tapi semaunya, bukan yang Allah mau. Menjelaskan berhijab sesuai dengan Al-Quran dan As-Sunnah lalu memotivasi kepada mereka yang baru berhijrah bahwa berhijrah itu memang tidak mudah tetapi Insyallah ketika sudah berhijrah semuanya akan lebih indah lagi,” ungkap Yola kepada Kiblat.net, Jumat (09/03/2018).

Ia menunjukkan bahwa fenomena berjilbab hari ini banyak yang bahkan bukan membawa ke Surga, tetapi menurut hadist malah tidak dapat mencium bau Surga. Salah satunya adalah dengan berjilbab namun malah menampakkan auratnya.

“Ada Jilboobs maupun Jipon (jilbab poni), menurut hadist mereka tidak bisa mencium bau surga padahal mencium baunya saja tidak bisa apalagi yang memasukinnya. Berjilbab sesuai syariat itu ada rumusnya sebenarnya, yaitu 24:31+33:59,” ungkap Yola.

Ia menjelaskan bahwa yang dimaksud 24:31 adalah surat Annur ayat 31. Surat itu menjelaskan, berjilbab itu minimal menutupi dada. Sementara rumus 33:59 itu tercantum dalam surat Al-Ahzab ayat 59, yang menegaskan bahwa menutup seluruh tubuh dengan gamis, tidak transparan, tidak berlebih-lebihan, dan tidak mencolok warnanya.

“Adapun yang boleh terlihat itu hanya wajah dan telapak tangan termasuk kaki pun juga aurat dan harus ditutup,” imbuhnya.
Yola mengungkapkan, respon para peserta yang hadir disebutnya cukup antusias dan juga banyak terjadi dialog.

BACA JUGA  Barengi Aksi BEM SI, Sekelompok Orang Teriak Novel Baswedan Berpolitik

“Dan juga ada sesi Muhasabah tadi jadi banyak juga yang menangis iya semoga mudah-mudahan semakin termotivasi dalam berhijrah ini,” tukasnya.

Yola menjadi pembicara utama dalam Gerakan Menutup Aurat di Universitas Muhammadiyah Jakarta. Kegiatan yang digelar Lembaga Dakwah Kampus Ulil Albab UMJ ini ditujukan kepada muslimah.

Kegiatan berlangsung di Aula Pascasarjana dan wilayah kampus UMJ. Bentuk kegiatan ini yaitu dengan pemaparan materi seminar kemuslimahan terkait hijab dan perjalanan hijrah inspiratif. Yang diisi oleh Hamimi Daulay ( Desainer & Inspirator Muslimah ) dan Yola Al Khanza ( Founder Hijab Syar’I Tangerang & Motivator Muda). Lalu dilanjutkan dengan aksi longmarch, hijab share dan orasi terbuka.

Reporter: Muhammad Jundii
Editor: Hunef Ibrahim

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Baca Juga

Muslimah Nigeria Melawan Diskriminasi Hijab

Afrika - Ahad, 04/02/2018 11:11

Sekolah Diminta Ajarkan Pemakaian Hijab

Indonesia - Senin, 12/09/2016 17:28