Jaisyul Islam Komunikasi dengan Rusia, Evakuasi Korban dari Ghouta Timur

Foto: Korban serangan rezim Suriah dirawat di salah satu rumah sakit lapangan di Douma, Ghouta Timur

KIBLAT.NET, Damaskus – Salah satu faksi terbesar di Ghouta Timur, Jaisyul Islam, Senin (12/03), mengatakan bahwa pihaknya telah menjalin kesepkatan dengan Rusia melalui perantara PBB untuk mengevakuasi korban luka-luka dari Ghouta Timur.

“Dalam upaya untuk menghentikan kampanye biadab barbar di Ghouta Timur … Perserikatan Bangsa-Bangsa telah berkomunikasi dengan pihak Rusia dan dalam konteks upaya kemanusiaan, kami telah menyimpulkan evakuasi orang-orang yang terluka melalui kloter-kloter… mengingat kondisi perang dan pengepungan serta pencegahan masuknya obat-obatan sejak enam tahun lalu sementara rumah sakit dan tempat medis terus menjadi sasaran,” kata faksi berideologi “salafi” itu dalam pernyatannya.

Sehari sebelumnya, militer Rusia mengatakan pihaknya telah mengevakuasi sedikitnya 52 sipil, termasuk di antaranya 26 anak-anak, dari Ghouta Timur. Evakuasi ini berlangsung setelah berdiskusi dengan pemerintahan setempat.

Ghouta Timur saat ini terpecah menjadi tiga bagian. Wilayah utara, yang dikontrol Jaisyul Islam dan Ahrar Al-Syam, terbagi dua sementara wilayah selatan masih di bawah kendali Faylaq Ar-Rahman.

Jaisyul Islam dan Faylaq Ar-Rahman menegaskan menolak segala upaya memindahkan warga Ghouta Timur. Namun kondisi di Ghouta semakin hari kian memperihatinkan. Warga tak bisa beraktivitas. Makanan pokok dan obat-obatan pun semakin menipis.

Pelang Merah Internasional menggambarkan bahwa mayoritas warga Ghouta tak melihat cahaya selama tiga pekan, sejak kampanye militer dimulai. Sepanjang hari mereka berlindung di ruang bawah tanah rumah masing-masing. Tempat itu dianggap perlindungan paling aman dari serangan udara. Tak ada penerangan dan makanan semakin menipis.

BACA JUGA  Universitas Turki Buka Cabang di Wilayah Oposisi Suriah

Sumber: Reuters Arabic
Redaktur: Sulhi El-Izzi

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Baca Juga