AS Serang Suriah, Pemberontak Hutsi Ancam Bom Arab Saudi

Foto: Pemberontak Syiah Hutsi. (AFP)

KIBLAT.NET, Sana’a – Pemimpin senior dari kelommpok pemberontak Syiah Hutsi di Yaman berniat membombardir Arab Saudi untuk merespon serangan koalisi AS ke Suriah.

“Kami mengutuk agresi tripartit (AS-Inggris-Perancis) terhadap Suriah, dan itu menunjukkan kurangnya penghormatan terhadap hukum internasional,” kata Mohamed Ali al-Hutsi dalam sebuah tweet di akun Twitter-nya, Sabtu (15/04/2018).

Amerika Serikat, Inggris dan Perancis melancarkan serangan militer terhadap posisi dan target rezim Bashar Assad, pada dini hari Sabtu. Serangan itu diklaim untuk merespon penggunaan senjata kimia oleh rezim Assad di Suriah.

Selanjutnya, Ali Al-Hutsi menuding Arab Saudi terlibat membiayai serangan tersebut. Dengan narasi anti-AS, petinggi Hutsi itu juga menyebut bahwa Amerika Serikat bertanggung jawab dengan penderitaan orang-orang Yaman.

“Kurangnya kepatuhan terhadap hukum internasional dan penghormatan terhadap kedaulatan, menjadi ciri Amerika dengan arogansinya yang berlebihan,” kata dia.

Pemberontakan Syiah Hutsi yang didukung Iran berlangsung sejak tahun 2014, yang ditandai dengan jatuhnya ibu kota Sanaa. Pemberontak telah berulangkali meluncurkan rudal balistik ke wilayah Arab Saudi dan berhasil ditangkis melalui sistem pertahanan udara.

Sumber: Arabi21
Redaktur: Ibas Fuadi

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Baca Juga