Kurangi Bad Mood dengan Olahraga 10 Menit Per Pekan

Foto: Ilustrasi.

KIBLAT.NET, Jakarta – Para peneliti dari Universitas Michigan telah menyelidiki apakah olahraga berpengaruh pada perilaku positif ataupun negatif seseorang. Hasilnya menunjukkan bahwa olahraga selama sepuluh menit seminggu dapat memberikan sesuatu yang penting untuk meningkatkan mood.

“Dampak olahraga terhadap seseorang yang berolahraga antara 150 hingga 300 menit per minggu juga meningkatkan kebahagiaan,” demikian dikutip oleh Arabi21, Sabtu (14/04/2018).

Tidak ada jenis latihan atau olahraga khusus yang lebih meningkatkan efektifitas. Banyak jenis olahraga yang efeknya sama.

Studi yang diterbitkan dalam Journal of Happiness Studies itu menunjukkan tingkat kebahagiaan orang-orang yang tergolong sangat aktif adalah 52%, sementara mereka yang jarang berlatih olahraga turun hingga 20%.

“Meskipun konsensus bahwa latihan membuat Anda lebih bahagia, penting untuk diingat bahwa olahraga akan membawa Anda ke lebih banyak peluang untuk bahagia,” kata Sarta Robinson, seorang dosen psikologi.

“Bermain olahraga dapat meningkatkan jaringan pengetahuan Anda dan untuk meningkatkan kebahagiaan Anda,” tambahnya.

Penelitian ini mengikuti penelitian sebelumnya yang menunjukkan bahwa olahraga selama satu jam dalam seminggu dapat mencegah depresi. Menurut penelitian yang dipublikasikan dalam American Journal of Psychiatry dengan melibatkan lebih dari 30.000 orang dewasa, mengungkapkan bahwa olahraga teratur dapat mencegah depresi hingga mencapai 12%.

“Telah kita ketahui sejak dahulu bahwa permainan berperan dalam pengobatan gejala depresi, tapi ini adalah pertama kalinya kita dapat menentukan potensi pencegahan aktivitas fisik untuk mengurangi tingkat depresi di masa depan,” kata Professor Samuel Harvey yang terlibat dalam penelitian tersebut.

BACA JUGA  PBB Seru Rezim dan Oposisi Suriah Patuhi Kesepakatan Putin-Erdogan

Sumber: Arabi21
Redaktur: Ibas Fuadi

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Baca Juga

Membiasakan Gosok Gigi Anak dengan Cara Ini

News - Kamis, 05/07/2018 13:31