Media Iran Muat Video Hoax soal Serangan Koalisi AS di Suriah

Foto: Video serangan di Ukraina yang dimuat oleh akun Twitter media Iran, Press TV.

KIBLAT.NET, Damaskus – Media Iran Press TV diketahui memposting video hoax soal serangan AS dan sekutunya di Suriah. Al-Jazeera mengungkapkan bahwa media besar seperti NBC News dan Telemundo juga memposting video tersebut.

Video yang dimaksud aslinya adalah video serangan artileri di Ukraina, tepatnya di kota Luhansk pada Februari 2015 silam. Press TV dan NBC News memposting video tersebut di Twitter, dengan caption serangan AS di Dmaskus pada Sabtu (14/04/2018).

Video hoax soal kejadian besar kerap dimuat. Al-Jazeera menunjukkan video lain yang banyak disebarkan melalui media sosial terkait serangan AS tersebut.

Dalam sebuah postingan di Twitter, Sabr News memposting video serangan yang disebut mengenai posisi rezim Suriah di Jamraya, Damaskus. Padahal, video itu diketahui dilakukan oleh Israel pada Januari 2013 silam.

Video lain yang diposting oleh pemilik akun Twitter @iAMakshay_fand juga menunjukkan hal yang berlawanan dengan kenyataan. Ia memposting video sistem pertahanan udara Rusia yang mencegat rudal AS. Kenyataannya, video itu memuat sistem udara Arab Saudi yang mencegat rudal Hutsi yang pernah dimuat oleh situs Al-Arabiya.

Selain itu, ada juga video serangan di Iraq dan Yaman yang diklaim sebagai video serangan AS dan sekutunya di Suriah.

BACA JUGA  Faksi-faksi Pejuang Idlib Siaga Satu

Sumber: Al-Jazeera
Redaktur: Ibas Fuadi

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Baca Juga