China Luncurkan Situs Aduan yang Diklaim Cegah Ancaman Nasional

Foto: Tampilan situs pelaporan milik pemerintah China.
... shares

KIBLAT.NET, Beijing – China meluncurkan sebuah situs dalam bahasa Mandarin dan Inggris untuk meningkatkan kampanye melawan aktivitas spionase asing yang dapat mengancam negara berbasis sosialis tersebut. Situs dengan alamat www.12339.gov.cn ini diluncurkan oleh Kementerian Keamanan Nasional pada hari Ahad (15/04/2018).

Pemerintah berharap adanya pelaporan melalui situs ini, terhadap aktivitas warga negara China atau orang asing yang menyuap pejabat negara atau militer, menghasut kerusuhan bersenjata atau menghasut separatisme etnis.

Orang asing yang bertemu dengan siapa pun di China dan telah atau diduga kuat melakukan kegiatan yang membahayakan keamanan negara bisa dilaporkan melalui situs tersebut.

Para informan akan diberi imbalan karena menemukan peralatan spionase atau tip-off dari siapa pun yang dicurigai membeli atau menjual rahasia negara. Pelaporan bisa dalam format bahasa China dan Inggris.

Situs tersebut tidak menawarkan rincian tentang hadiah. Namun menurut resmi Beijing pada April lalu, Biro Keamanan Nasional Kota Beijing menawarkan 10.000 hingga 500.000 yuan ($ 1.500 hingga $ 73.000) untuk informasi terkait spionase.

Sebelumnya Kementerian keamanan merilis sebuah kartun berjudul “seorang teman dengan topeng” untuk mengilustrasikan kemungkinan perilaku yang mencurigakan. Hal ini sebagai bagian dari kampanye untuk menandai Hari Pendidikan Keamanan Nasional China pada 15 April.

Kartun tersebut menceritakan kisah seorang asing dari organisasi non-pemerintah internasional, yang mempromosikan hak-hak pekerja “gaya barat” di Tiongkok.

Orang asing itu diduga “menyuap” seorang wakil China untuk menyelenggarakan seminar dan memobilisasi para pekerja untuk memprotes hak mereka. Menurut kartun itu, protes publik tersebut ilegal dan seorang pekerja yang curiga melaporkan orang asing tersebut.

Pada tahun 2016, seri kartun lain yang diterbitkan oleh Kementerian memperingatkan warga negara China untuk tidak menjalin hubungan romantis dengan orang asing, karena bisa menjadi sarana yang mungkin untuk membuka rahasia negara.

Sumber: France24
Redaktur: Ibas Fuadi

... shares

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Baca Juga

Tokoh Uigur Ilham Tohti Terancam Hukuman Mati

Asia - Kamis, 27/02/2014 13:58

3 Bom Guncang Xinjiang Cina, 4 Tewas

Wilayah Lain - Sabtu, 25/01/2014 11:04