Petinggi Pemberontak Syiah Hutsi Tewas

Foto: Petinggi Syiah Hutsi, Saleh Al-Shomad

KIBLAT.NET, Sanaa – Salah satu pemimpin tertinggi Syiah Hutsi, Saleh Al-Shomad tewas dalam serangan udara koalisi negara Teluk. Dia merupakan orang kedua di barisan kelompok pemberontak Yaman setelah Abdul Malik Al-Hutsi.

Kematian Saleh Al-Shomad dikonfirmasi pihak pemberontak Syiah Hutsi pada Senin (23/04/2018). Dalam pernyataan yang dirilis di kantor media Saba, kelompok tersebut menyatakan Al-Shomad tewas di provinsi Hudaida Timur pada Kamis (19/04/2018).

Al-Shomad pemimpin Dewan Politik Tertinggi kelompok Syiah Hutsi. Kematiannya memberikan pukulan telah bagi kelompok pemberontak Yaman. Dia menempati urutan kedua dalam dalam daftar orang paling dicari oleh koalisi negara Teluk. Sebelumnya, informasi terkait keberadaannya dihargai USD 20 juta.

Pada April lalu, Al-Shomad menyebut tahun 2018 sebagai “tahun keunggulan balistik”. Pernyataan itu merujuk pada kemampuan kelompoknya dalam melontarkan misil-misil ke perbatasan Arab Saudi. Sejak november tahun lalu mereka telah menembakan sejumlah peluru ke wilayah negara tetangga Yaman.

Pengamat politik Yaman, Baligh Al-Mekhlafi menilai kematian Al-Shomad akan memicu kehancuran kelompok Hutsi. “Kelompok Hutsi memilih untuk menunggu sampai mereka mengatur kembali barisan mereka dan menemukan panggantinya,” ujarnya.

Al-Mekhlafi menyebut pihak pemberontak Hutsi telah menunjuk pengganti Al-Shomad, yaitu Mahdi Al-Mekhlafi. Dia berasal dari suku yang sama dengan Al-Shomad.

Sumber: Arab News
Redaktur: Imam S.


Jika tulisan ini bermanfaat bagi Anda dan banyak orang, dukung kami membantu terus menginformasikan berita dan tulisan terbaik untuk Anda. Kiblat.net adalah media Islam independen non-partisan yang dikelola mandiri. Anda dapat memberikan donasi terbaik supaya kami dapat terus bekerja di bidang dakwah media.

Donasi Sekarang

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Baca Juga