×

IPW: Ironis, Polisi Tak Transparan Jelaskan Kekacauan Di Mako Brimob

Foto: Mako Brimob Kelapa Dua, Depok

KIBLAT.NET, Jakarta – Indonesia Police Watch (IPW) meminta polisi menjelaskan kekacauan yang terjadi di Mako Brimob Kelapa Dua, Depok secara transparan. Langkh-langkah yang diambil pihak kepolisian dinilainya membuat aktivitas masyarakat tertanggu.

“Pihak kepolisian perlu menjelaskan secara transparan tentang apa sesungguhnya yang terjadi di Mako Brimob Kelapa Dua Depok,” kata Ketua Presidium Ind Police Watch Neta S. Pane dalam pernyataan tertulis, Rabu (09/05/2018).

Neta mempertanyakan langkah pananganan Polri dalam menangani kekacauan di Mako Brimob, Selasa (08/05/2018). Pasalnya, berdasarkan informasi yang diperolehnya, kekacauan yang melibatkan narapidana kasus terorisme tersebut sebenarnya telah terjadi sejak pukul 15.00 WIB. Namun, aparat tidak cepat mengendalikan hingga menyebabkan situasi mencekam sampai pukul 23.00 WIB.

“Ironisnya tidak ada penjelasan yang transparan dari kepolisian tentang kekacauan yang terjadi di Mako Brimob,” ujarnya.

Neta mengungkapkan berdasarkan infromasi yang diperolehnya kekacauan yang bermula pukul 15.00 WIB. Karena tidak cepat dikendalikan, pada pukul 21.00 sejumlah narapidana teroris berhasil menjebol teralis ruang tahanan.

Para narapidana, lanjut Neta, juga merampas senjata polisi dan menyandera empat anggota polisi yang salah satunya wanita berpangkat IPTU. Dalam kekacauan itu terjadi aksi tembak menembak antara polisi dengan napi yang menguasai rutan. Keesokan harinya, Rabu (09/05/2018), pukul 06.00 WIB sejumlah ambulan tiba di rutan dan terlihat sejumlah orang dibawa dengan ambulan.

BACA JUGA  Ngabalin Sebut 'Lawan dan Libas', Dr Abdul Chair: Tak Cerminkan Intelektualitas

“Hingga pukul 10.00 Rabu pagi jalanan di sekitar Mako masih diblokir,” ungkapnya.

“Membuat aktivitas masyarakat terganggu akibat jalanan diblokir,” tandas Neta.

Kekacauan terjadi di Mako Brimob Kelapa Dua, Depok pada Selasa (09/05/2018), yang melibatkan narapidana terorisme. Kekacauan tersebut juga diwarnai baku tembak antara narapidana dengan anggota polisi. Polisi sampai saat ini masih menutup akses jalan di depan Mako Brimob Kelapa Dua, Depok.

Reporter: Imam S.
Editor: Wildan Mustafa

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Baca Juga

TPM Sudah Ingatkan DPR Sebelum Kejadian di Mako Brimob

Indonesia - Jum'at, 01/06/2018 10:48

Rizal Ramli Desak Petinggi Mako Brimob Mundur

Indonesia - Sabtu, 19/05/2018 08:17