Hamas Sambut Keputusan Afrika Selatan Tarik Dubes untuk Israel

Foto: Lambang Hamas (sumber: Hamas.ps)
... shares

KIBLAT.NET, Gaza- Harakah Muqowamah Al Islamiyah (Hamas) menyambut baik keputusan Afrika Selatan untuk menarik Duta Besar untuk Israel Sisa Ngambane. Hamas lantas menyerukan agar langkah itu diikuti oleh negara-negara lain.

Sebelumnya, pemindahan Kedutaan Besar Amerika Serikat ke Al Quds mendapat penolakan dan aksi protes dari warga Palestina. Naas, Israel menjawab penolakan itu dengan tembakan. Hamas menyebutkan jumlah korban tewas akibat serangan brutal itu mencapat 59 jiwa.

“Hamas berharap bahwa penarikan Duta Besar Afrika Selatan pada akhirnya akan mengarah pada penurunan hubungan diplomatik, seperti yang disebut pada konferensi elektif nasional ke-54 ANC dan pemutusan hubungan antara apartheid Israel dan Afrika Selatan yang demokratis,” ungkap Hamas seperti dikutip dari Hamas.ps pada Selasa (15/05/2018).

Pasca serangan yang dilakukan Israel di Jalur Gaza yang telah menewaskan puluhan warga Palestina, Afrika Selatan memutuskan untuk menarik Duta Besarnya untuk Israel. Afrika Selatan mengutuk tragedi yang terjadi di sepanjang perbatasan Gaza itu.

Lebih dari 50 sipil Palestina tewas dalam aksi protes pemindahan Kedutaan Besar Amerika Serikat untuk Israel pada Senin (14/05/2018). Pemindahan itu berlangsung tepat pada 70 tahun berdirinya negara Zionis Israel atau yang dikenal Hari Nakba oleh Palestina.

Departemen Hubungan Luar Negeri dan Kerjasama Afrika Selatan mengungkapkan, “Serangan terbaru ini telah menghasilkan banyak warga Palestina lainnya yang dilaporkan terluka, dan penghancuran properti secara sewenang-wenang.”

BACA JUGA  Petugas Kebersihan Monas Apresiasi Aksi Bela Baitul Maqdis

Aksi brutal oleh Israel tersebut mendapat protes keras dari Afrika Selatan. Lantas Afrika Selatan mengambil keputusan untuk memanggil Duta Besar untuk Israel Sisa Ngombane.

“Kami selanjutnya menyerukan kepada negara-negara lain untuk mengadopsi sikap berani dari pemerintah Afrika Selatan,” tutup Hamas.

Sumber: Hamas.ps
Redaktur: Syafi’i Iskandar

... shares

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Baca Juga

OKI: Al Quds Tetaplah Ibu Kota Palestina Selamanya

Palestina - Ahad, 20/05/2018 23:20

Israel Tembakan Serangan Udara ke Hamas

Palestina - Kamis, 17/05/2018 17:32