×

Ini Nasehat MUI untuk Umat Islam Selama Puasa Ramadhan

Foto: Gedung MUI Pusat.

KIBLAT.NET, Jakarta- Ketua Bidang Infokom MUI, Masduki Baidlowi berpesan agar dalam Ramadhan umat Islam berbenah diri baik itu hubungan dengan sesama manusia dan kepada Allah SWT. Menurutnya, Ramadhan adalah momentum yang tepat untuk memaksimalkan ibadah.

Ia menjelaskan bahwa berbenah diri terbagi dua yaitu secara vertikal dan horizontal. Vertikal ialah hubungan seorang hamba dengan Allah SWT sedangan Horizontal adalah hubungan antara sesama umat Islam.

Hubungan hamba dengan Allah SWT dapat dibangun dengan banyak memanjatkan ampun dan mendekatkan diri kepada-Nya. Dengan cara memperbanyak ibadah dan mengurangi maksiat.

“Sedangkan secara horizontal, umat mesti banyak melakukan kegiatan sosial dengan apa yang bisa kita bantu. Jika orang yang mampu harus banyak melakukan sedekah, namun jika kurang mampu dengan cara apapun yang bermanfaat untuk sekitar,” imbau Masduki dalam tausyiah menyambut bulan suci Ramadhan di gedung MUI, Jakarta Selasa (15/05/2018).

Masduki pun menyoroti kebiasaan israf (berlebih-lebihan) yang masih banyak dilakukan oleh umat Islam. Misalnya, boros pengeluaran dengan membeli banyak makanan untuk dimakan saat malam hari.

“Jika kita mau boros, saat bersedekah kepada yang merasa kekurangan saja,” ujarnya.

“Saya berharap, himbauan ini disyiarkan secara luas, selain itu juga kepada orang-orang kaya banyak bersedekah agat nantinya memperoleh ampunan Allah,” imbuhnya.

Selain itu, ia menghimbau kepada umat Islam agar dapat mempertahankan amal perbuatan hingga setelah Ramadhan. Sehingga, setelah shalat Idul Fitri, Ramadhan tak hanya tinggal nama saja.

BACA JUGA  MUI Tegaskan Vaksin MR Belum Didaftarkan Sertifikasi Halal

Reporter: Qoid
Editor: Syafi’i Iskandar

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Baca Juga

MUI Gelar Diskusi Fatwa dengan Akademisi dan Peneliti

Indonesia - Kamis, 26/07/2018 10:31