×

Intervensi Rusia Bantu Rezim Assad Kontrol 47% Suriah

Foto: pangkalan udara Rusia di Lattakia, Suriah

KIBLAT.NET, London – Lembaga Study berbasis di London, IHS Markit, baru-baru ini merilis laporan menyebutkan bahwa serangan udara terhadap faksi-faksi oposisi di Suriah meningkat sebanyak 150% sejak masuknya Rusia ke negara itu pada September 2015. Campur tangan Rusia telah membuat rezim berhasil menguasai setengah dari wilayah Suriah.

Menurut analisis lembaga yang fokus mengkaji tentang “terorisme” dan “pemberontakan” itu pada Selasa (15/05), kontrol rezim Suriah meluas sebanyak 3 kali lipat. Di bulan pertama campur tangan Rusia, wilayah rezim meluas sebanyak 16% dan pada Maret 2018 wilayahnya sudah 47%.

Laporan itu menunjukkan bahwa intervensi Rusia tidak hanya menjamin kelangsungan hidup rezim Bashar Al-Assad, bahkan membalikkan jantung perjalanan konflik.

Direktur IHS Markit, Matius Henman, menulis bahwa intervensi Rusia memberi kesempatan dan waktu pada rezim untuk kembali membangun dan memfokuskan kekuatannya. Waktu itu memungkinkan rezim menggalang kekuatannya kembali untuk merebut wilayah oposisi.

Dia menambahkan bahwa data yang dikumpulkan mengungkapkan serangan udara sangat penting bagi kemajuan rezim. Oposisi tidak dapat mengimbangi serangan itu, bahkan menghindarinya.

Laporan tersebut menunjukkan bahwa rezim Suriah telah kembali mengontrol wilayah luas di kota-kota pusat. Di antaranya, Aleppo, Hama, Homs dan Deir al-Zour di dekat perbatasan Iraq, dan bahwa perbatasan dengan Lebanon. Rezim juga berhasil mensterilkan Damaskus dari keberadaan pejuang oposisi.

Menurut laporan itu, serangan udara Rusia dan Suriah meningkat antara September 2015 dan akhir Maret 2018, yaitu selama dua tahun sejak intervensi militer Rusia. Serangan udara itu tercatat sebanyak 6833 kali, dibandingkan dengan 2735 selama periode dua tahun sebelumnya. Jumlah kematian warga sipil tercatat sedikit penurunan dari 6899 menjadi 6.254 orang selama periode ini karena akurasi yang lebih besar dalam penargetan, menurut laporan itu.

BACA JUGA  Militer Suriah Gempur Pinggiran Idlib

Sumber: aawsat.com
Redaktur: Sulhi El-Izzi

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Baca Juga