Mayoritas Negara Muslim Tetapkan Kamis Awal Ramadhan

KIBLAT.NET, Jakarta – Sebagian besar negara Muslim mengumumkan bahwa hari Rabu (15/05) akhir bulan Sya’ban. Dengan dengan demikian, 1 Ramadhan 1439 H jatuh pada Kamis (17/05). Di antara negara-negaratersebut adalah Sudan, Yordania, Qatar, Kuwait, Oman, Arab Saudi, Palestina dan Iraq.

Komite pemantau hilal di Kementerian Wakaf dan Urusan Islam Qatar mengumumkan bahwa Kamis besok masuk bulan Ramadhan.

Di Arab Saudi, media lokal melaporkan bahwa Hilal Ramadhan tidak terlihat di negara itu. Sehingga, Riyadh menetapkan bulan Sya’ban digenapkan menjadi 30 hari. Pemerintah Kuwait juga mengumumkan hal serupa.

Di Sudan, Lembaga Perkumpulan Fiqih Islam mengumumkan Kamis hari pertama Ramadhan, dan di Yordania mengumumkan pada hari Kamis hari pertama bulan suci.

Berdasarkan perhitungan astronomi, Komite Sentral Kementerian Wakaf dan Urusan Agama di Kesultanan Oman mengumumkan Kamis (17 Mei) sebagai bulan Ramadhan.

Dewan Fiqh dari Ulama Sunni Iraq dan Dewan Wakaf Sunni mengumumkan bahwa Kamis masuk hari pertama bulan suci Ramadhan.

Di Eropa, Masjid Agung Paris juga mengumumkan bahwa hari pertama Ramadhan di Perancis tahun ini jatuh pada Kamis. Pengumuman itu dikeluarkan oleh Dewan Islam setempat.

Sementara di Indonesia, kementerian agama juga menetapkan 1 Ramadhan 1439 H jatuh pada Kamis, karena hasil rukyat menunjukkan hilal tidak terlihat.

Berbeda dari negara lain, Turki beberapa hari lalu mengumumkan puasa 1 Ramadhan jatuh pada hari ini (Rabu, 16/05). Penentuan itu berdasarkan perhitungan astronomi.

BACA JUGA  Ini Alasan Pembangunan Rumah Pascagempa Diutamakan Dibanding Fasilitas Publik

Sumber: Al-Jazeera
Redaktur: Sulhi El-Izzi

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Baca Juga

Sekali Lagi, Ramadhan Mengajari Kita

Tarbiyah Jihadiyah - Rabu, 04/07/2018 10:08

Lebaran Usai, KPAI Ingatkan Dampak Urbanisasi

Indonesia - Kamis, 21/06/2018 12:21