Ucapkan Doa Ini Ketika Memasuki Bulan Ramadhan

Foto: Hilal Ramadhan

KIBLAT.NET – Bulan Ramadhan adalah bulan yang mulia. Bulan ibadah, di dalamnya terdapat stau malam yang lebih mulia dari 1000 bulan. Pada bulan Ramadhan pua setan dibelenggu. Karena kemuliaan bulan ini, banyak orang yang mempertanyakan rangkaian doa dan ibadah terakit bulan Ramadhan.

Termasuk yang sering ditanyakan adalah adakah doa khusus untuk memasuki bulan Ramadhan? Sejauh pengetahuan penulis, tidak ada doa khusus dari Nabi SAW yang diucapkan ketika memasuki bulan Ramadhan.

Namun, ada doa umum yang diajarkan oleh Rasul ketika seorang muslim memasuki bulan baru (melihat hilal) di setiap bulannya. Doa tersebut berbunyi :

اللَّهُ أَكْبَرُ، اللَّهُمَّ أَهِلَّهُ عَلَيْنَا بِالْأَمْنِ وَالْإِيمَانِ، وَالسَّلَامَةِ وَالْإِسْلَامِ، وَالتَّوْفِيقِ لِمَا نُحِبُّ وَتَرْضَى، رَبُّنَا وَرَبُّكَ اللَّهُ

Allahu akbar, ya Allah datangkanlah bersama hilal itu bagi kami keamanan dan keimanan, keselamatan dan islam, dan membawa taufiq yang membimbing kami menuju apa yang Engkau cintai dan Engkau ridhai. Tuhan kami dan Tuhan kamu (wahai bulan), adalah Allah.” (HR. Ahmad)

Do’a ini berlaku umum, baik ketika memasuki bulan Ramadhan, maupun bulan-bulan Hijriah lainnya. Wallahu a’lam bissowab

Penulis : Aiman

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Baca Juga