Hari Ini, Puncak Arus Mudik Lebaran 2018

Foto: Puncak arus mudik 2018.

KIBLAT.NET, Jakarta – Ketua Posko Mudik Lebaran Kemenhub, Junaidi, memprediksi puncak arus mudik tahap kedua akan terjadi pada H-2 Lebaran, Rabu, 13 Juni 2018. Puncak arus mudik ini juga diprediksi menjadi dua tahap.

“Untuk tahun ini memang liburannya panjang sehingga bisa terbagi-bagi. Puncaknya tadi kan ada di hari Sabtu dan hari Ahad, kemudian ini H-3 dan H-2 ini diprediksi akan menjadi peak season juga,” kata Junaidi kepada wartawan di Kemenhub, Jalan Medan Merdeka Barat, Selasa (12/6/2018).

Pada H-2 Lebaran, Junaidi memprediksi kemacetan yang akan terjadi di Jalan Tol Cawang hingga Cikampek. Namun Kemenhub sudah menyiapkan antisipasi jika terjadi kemacetan di jalan tol tersebut.

“Untuk ruas jalan darat, seperti biasa, kalau kemacetan itu di Tol Cikampek, dari Cawang sampai Cikampek pada jam-jam tertentu bisa terjadi kemacetan, tapi sudah diantisipasi dengan melakukan rekayasa baik, nanti melalui Cipali maupun Pantura dan jalur tengah. Secara umum untuk angkutan darat ini sudah cukup baik dan lebih lancar dari tahun lalu,” ucap Junaidi.

Berdasarkan pantauan di lapangan, aktivitas mudik dari Jakarta menuju Jawa Barat dan Jawa Tengah saat ini tersendat. Kendaraan menumpuk di Jatibening dan Cikarang Utama.

Informasi dari Jasa Marga, ada beberapa titik kemacetan yang harus dilalui pemudik. Pertama, arus kendaraan sudah mulai padat di Km 10 Cikunir hingga Km 14 Bekasi Barat.

BACA JUGA  KORSA: Penangkapan Kader IMM Tindakan Arogan

“Kemudian dari Km 15 sampai rest area Km 19, yakni di kawasan Tambun. Selanjutnya padat lagi di Km 19 sampai Km 29, yakni di Cikarang Utama,” kata petugas call center Jasa Marga, Emma, pada Rabu (13/6/2018) pukul 11.35 WIB.

“Selepasnya ramai lancar,” kata Emma seperti dikansir dari detikcom.

Pengendara juga harus mengalami kepadatan kembali. Titik kepadatan selanjutnya ada di Km 30 Jalan Tol Cikarut hingga rest area Km 39.
Kemacetan kemudian berlanjut di Km 47 Karawang Barat hingga Km 57 Karawang Timur. Kemacetan berlangsung sejak pagi.

“Ini karena kepadatan kendaraan yang mau ke Cipali dan Cileunyi,” katanya.

 

Reporter: Bunyanun Marsus
Editor: Fajar Shadiq

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Baca Juga

Antara Mudik dan Berbakti kepada Orang Tua

Artikel - Selasa, 12/06/2018 13:58

Tips Mudik, Tubuh Fit Ibadah Tetap Terjaga

Indonesia - Selasa, 14/07/2015 05:00