Cara Rasulullah Agar Sahabatnya Tidak Meminta-minta

Foto: Kapak dan kayu bakar

KIBLAT.NET – Seorang pria muda datang kepada Rasulullah,meminta sedekah karena tidak punya makanan untuk dirinya dan keluarganya pada hari itu. Rasulullah bertanya,”Barang-barang apa saja yang kamu miliki d rumahmu?”

Orang itu menjawab,”Ada tempayan untuk minum keluarga dan selimut tebal untuk menghangatkan keluarga saat musim dingin.”

Lalu Rasulullah menyuruh lelaki itu untuk membawa kedua barang tersebut. Kemudian Rasulullah mengumumkan kepada khalayak dan akan menjual barang tersebut dengan cara melelang.

Ternyata harga tertinggi mencapai dua dirham.Yang satu dirham disuruh untuk membeli makanan untuk keluarganya, dan yang satu dirham lagi untuk membeli kapak.

Setelah Rasulullah membuat gagang untuk kapak itu (dari kayu). Kemudian lelaki itu disuruhnya pergi ke semak-semak dan tepi hutan untuk mencari kayu. Beliau berpesan agar lelaki itu datang padanya setelah lima belas hari kemudian.

Setelah lewat lima belas hari lelaki itu datang pada Rasulullah. Dia melapor bahwa sesudah diambil untuk makan sehari-hari keluarganya, sisa hasil penjualan kayu yang diperoleh yang diperolehnya sebanyak lima belas dirham.

Dhani_ElAshimi

Diambil dari Hikmah dalam Humor, kisah dan pepatah, Abdul Aziz Salim Basyrahil

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Baca Juga

Mengaku Nabi di Hadapan Al-Makmun

Rohah - Kamis, 21/06/2018 16:05

Gaji Petugas Daulah Menurut Hasan Al-Bashri

Rohah - Kamis, 21/06/2018 07:00