Afghanistan Tak Pandang Taliban Organisasi Teroris

Foto: Pejuang Taliban/ilustrasi

KIBLAT.NET, Riyadh – Pemerintah Afghanistan tidak menganggap gerakan Taliban Afghanistan sebagai gerakan teroris. Hal itu diungkapkan Dubes sekaligus utusan khusus Afghanistan di Arab Saudi, Sayyid Jalal Karim, kepada kantor berita Saudi Okaz pada Senin (09/07).

“Pemerintah Afghanistan melihat Taliban sebagai oposisi. Presiden Ashraf Ghani menawarkan rekonsiliasi antara sesama warga Afghan (termasuk Taliban). Oleh karena itu, pemerintah tidak memandang mereka sebagai organisasi teroris,” kata Karim ketika ditanyai terkait dukungan Qatar kepada Taliban, ISIS dan Al-Qaidah, yang semuanya dianggap gerakan teror.

Untuk Al-Qaidah dan ISIS, lanjut Karim, keduanya adalah organisasi teroris. Oleh karenanya, pemerintah tidak menawarkan rekonsiliasi dengan mereka.

Pernyataan tersebut diungkapkan menjelang Konferensi Makkah untuk membicarakan perdamian di Afghanistan. Konferensi yang dijadwalkan dihadiri puluhan ulama dunia itu akan dibuka hari ini (Selasa) dan ditutup Rabu besok.

Karim sangat berharap dengan konferensi tersebut. Dia menganggap, konferensi tersebut dukungan moril, logistik dan politik bagi Presiden Ashraf Ghani.

Sementara itu, Taliban belum mengeluarkan tanggapannya terkait konferensi yang digelar di Tanah Suci itu.

Sebelumnya, Taliban kembali menegaskan menolak negosiasi dengan pemerintah Ghani sebelum pasukan asing ditarik dari Afghanistan. Gerakan yang selama belasan tahun menghadapi penjajah Barat itu hanya mau bernegosiasi langsung dengan AS.

Perlu dicatat, Konferensi Makkah untuk Afghanistan digelar di saat Taliban kembali mendapat kekuatan menyusul penarikan pasukan AS. Gerakan tersebut berhasil membuat mayoritas wilayah Afghanistan dalam kondisi rentan dan siap direbut.

BACA JUGA  Taliban: Pertempuran Jaguri dan Malistan untuk Hukum Milisi Syiah Hazara

Sumber: Okaz
Redaktur: Sulhi El-Izzi

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Baca Juga

Taliban Kembali Jamin Keamanan Palang Merah Internasional

Afghanistan - Sabtu, 13/10/2018 08:07

Taliban Seru Warga Afghanistan Boikot Pemilu Parlemen

Afghanistan - Selasa, 09/10/2018 07:30

Taliban Serbu Pos-pos Keamanan di Afghanistan Utara

Afghanistan - Selasa, 11/09/2018 07:12