Layang-Layang Pejuang Palestina Sebabkan 33 Titik Api di Israel

KIBLAT.NET, Gaza – Sedikitnya 33 titik api tersebar di Israel selatan pada Senin (09/07). Kebakaran tersebut akibat serangan “layang-layang dan balon api” pejuang Palestina. Meski tak menimbulkan korban, serangan dengan senjata sederhana itu mampu memberi pukulan ekonomi bagi penjajah.

Kantor berita Turki, Anadolu Agency, melansir dari harian Israel Yedioth Ahronoth, mengatakan bahwa pihak berwenang berhasil memadamkan kebakaran. Tidak ada korban jiwa akibat kebakaran tersebut.

Menurut statistik terbaru Israel, kerugian ekonomi dari layang-layang api yang diluncurkan dari Jalur Gaza, sejauh ini berjumlah sekitar 8,5 juta shekel (2,5 juta dolar).

Pejuang Palestina mulai menggunakan layang-layang dan balon api pada bulan Mei sebagai protes terhadap pembantaian yang dilakukan tentara terhadap puluhan demonstran Palestina di dekat tembok perbatasan Gaza-Israel pada 30 Maret lalu.

Ribuan warga Palestina berkumpul di beberapa lokasi dekat tembok pemisah antara Jalur Gaza dan Israel. Mereka menuntut kembalinya pengungsi Palestina, yang terusir sejak 1948 oleh Israel, ke desa-desa dan kota-kota mereka. Mereka juga mendesak pembukaan pengepungan di Jalur Gaza.

Tentara Israel menghadapi aksi damai itu dengan kekerasan. Sedikitnya 137 warga Palestina dan ribuan luka-luka akibat perlakuan represif penjajah itu.

Sumber: Anadolu Agency
Redaktur: Sulhi El-Izzi

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Baca Juga

Drone Militer Israel Jatuh di Jalur Gaza

Palestina - Rabu, 03/10/2018 07:12