Sepuluh Anggota HTS Kembali Jadi Korban Pembunuhan

Foto: Mobilisasi pasukan HTS untuk menumpas sel ISIS di Idlib

KIBLAT.NET, Idlib – Setidaknya sepuluh anggota Hai’ah Tahrir Al-Syam (HTS) tewas di tangan segerombolan orang tak dikenal di pedesaan Aleppo barat pada Senin (09/07). Insiden ini terjadi beberapa hari setelah Organisasi Daulah Islamiyah (ISIS) mengumumkan operasi keamanan di wilayah yang sudah dibebaskan.

Seperti dilaporkan Enabbaladi.net, sekelompok orang tak dikenal menyerbu pos HTS di jalan provinsi yang menghubungkan Aleppo-Damaskus di pedesaan Aleppo. Sepuluh petugas yang berjaga tewas akibat serangan itu.

Para tentara HTS itu merupakan anggota Uni Pasukan Elit. Pasukan ini dikenal sebagai pasukan HTS yang memiliki keahlian tempur tingkat tinggi.

Sementara itu belum ada pernyataan dari HTS terkait insiden ini.

Peristiwa ini bertepatan dengan operasi keamanan yang diumumkan oleh organisasi ISIS. Operasi itu menargetkan HTS dan pejuang FSA yang aktif di Idlib.

Media ISIS, Ahad lalu, merilis video penyerang kendaraan militer FSA di pedesaan Idlib. Seorang komandan FSA, Abu Khatab Saraqib, tewas dalam serangan itu.

Dalam video lainnya, ISIS juga mengumumkan menargetkan sejumlah anggota HTS dengan bom pinggir jalan. Beberapa anggota HTS tewas dalam serangan ini.

Selama berpekan-pekan, HTS menggelar kampanye besar-besaran memburu sel-sel ISIS. Kampanye ini berhasil membersihkan basis-basis yang diduga menjadi persebunyian anggota gerakan tersebut. Yang terakhir di kota Sarmin.

Direktur Hubungan Media HTS, Imad Eddin Mujahid, mengatakan bahwa ISIS mengikuti strategi “perang keamanan” di provinsi Idlib, setelah pengaruhnya berhasil ditumpas di front pedesaan Hama.

BACA JUGA  Militer Suriah Serang Zona Demiliterisasi, Delapan Tewas

Dia menambahkan bahwa strategi saat ini termasuk mempersiapkan puluhan sel tidur untuk meluncurkan pembunuhan dan penculikan dan “menyebarkan kerusakan di utara Suriah yang sudah dibebaskan.”

Pada 10 Juni, orang-orang tak dikenal mengeksekusi lima orang di distrik Idlib dengan cara yang sama seperti ISIS lakukan ketika mengeksekusi tawanan.

Saat itu, sebuah halama media sosial menampilkan detik-detik eksekusi tiga orang yang dalam video itu dikatakan mereka adalah anggota HTS. Ketiga orang itu disembelih. Video itu tertulis “Wilayatu Idlib”, yang menunjukkan wilayah ISIS.

Sumber: Enabbaladi.net
Redaktur: Sulhi El-Izzi

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Baca Juga

Ada Agenda Parade Tauhid dalam Reuni 212 Jilid 2

Indonesia - Kamis, 15/11/2018 20:30