×

“Mubazir Nak, Kami Semua di Sini Membutuhkan Makan”

Foto: Kakek Seno memunguti ceceran beras bantuan FAKM yang jatuh saat dianggat

KIBLAT.NET, Lombok – Sebutir beras amat berarti bagi korban gempa Lombok. Hal itu dirasakan warga di Dusun Torean, Desa Rempek, Kecamatan Gangga, Lombok Utara.

Seorang kakek, Seno (83), bersama istrinya ditemui di tengah jalan oleh relawan Forum Komunikasi Aktivis Masjid (FKAM) sedang memungut butiran-butiran beras tercecer di jalan. Seketika relawan turun dari mobilnya dan membantu sang kakek.

“Mubazir nak, kami semua di sini membutuhkan makan. Sebab kondisi serba sulit, semua rumah hancur,” kata kakek kepada relawan, Kamis, (9/8/2018).

Meski bercampur debu dan kotor, pasangan suami istri ini tetap mengais dengan sabar sampai bersih.

Sementara Koordinator Lapangan relawan FKAM, Fariz mengatakan beras adalah salah satu kebutuhan pokok yang utama bagi masyarakat di Lombok Utara. Pihaknya mendapati masih banyak para pengungsi yang kurang mendapatkan perhatian, salah satunya kondisi warga di Dusun Torean atas.

“Salah satu Tim Sar FKAM melihat kondisi warga yang memungut bahan pokok beras yang tercecer di pinggir jalan. Akses jalan ke Dusun Torean cukup jauh, posisi dusun berada di ujung bukit sebelum dusun terakhir,” tuturnya kepada Kiblat.net, di posko bencana FKAM di Lombok Utara, Kamis, (9/8/2018).

Fariz melanjutkan, distribusi bantuan logistik posko pusat belum sepenuhnya merata disalurkan ke posko- posko mandiri yang berada di perbukitan kaki Gunung Rinjani itu. Sementara ini warga mengungsi di posko yang mereka bersama-sama dirikan di kebon warga. Di setiap posko, mencapai 50-200 jiwa tinggal di dalamnya.

BACA JUGA  Dubes Saudi Salurkan Dana 1 Milyar untuk Korban Gempa Lombok

“Rumah mereka sudah hancur dan mereka pun masih merasakan trauma berat. Sehingga belum berani membersihkan rumah-rumah mereka. Masyarakat saat ini bergotong royong di setiap poskonya untuk menjaga satu sama lain,” tukasnya.

FKAM mengajak Anda membantu meringankan beban pengungsi gempa Lombok. Baitulmal FKAM membuka kesempatan wujudkan kepedulian bersama menyalurkan bantuan kebutuhan sandang pangan kepada korban Gempa Nusa Tenggara Barat.

Program Tanggap Bencana Alam ini bertujuan untuk memberikan pelayanan bagi masyarakat di daerah-daerah yang terkena bencana alam. Antara lain: Emergency respon, Pembangunan Huntara, Bantuan logistik, Penangan psikososial dan Pembangunan sarana umum, serta Pengadaan kegiatan pendidikan dan medis.

Kirimkan donasi anda melalui :

Bank Syariah Mandiri No.7002074286 a.n.Yayasan Baitulmal FKAM. Konfirmasi Bukti Transfer Ke: 0857-2516-7000.

NB. Mohon menambahkan digit 800 pada akhir nominal transfer untuk mudahkan verifikasi program ini.

Kabar selengkapnya, kunjungi: Fanspage SAR FKAM Search and Rescue, Fanspage Forum Komunikasi Aktivis Masjid, www.baitulmalfkam.com, atau hubungi 0851-0498-1234.

Reporter: Hafiz Syarif
Redaktur: Hunef Ibrahim

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Baca Juga