Serangan Mobil 9/11 di China Tewaskan 11 Orang

Foto: Tersangka penyerangan 9/11 di China yang menewaskan 11 orang.

KIBLAT.NET, Hengyang – Jumlah korban tewas telah meningkat menjadi 11 dengan 44 lainnya dirawat di rumah sakit setelah seorang pria yang mengemudikan mobil jenis SUV dengan sengaja menabrak kerumunan orang di China tengah. Setelah menabrak, pria itu keluar dan menyerang orang-orang dengan belati dan sekop.

Pemerintah kota Hengyang mengatakan tersangka diyakini terlibat sejumlah kejahatan termasuk perdagangan narkoba, pencurian dan penyerangan. Tidak ada tuduhan terhadap pria itu terkait terorisme, sebagaimana yang kerap dialamatkan kepada Muslim Uighur.

Polisi mengidentifikasi tersangka sebagai Yang Zanyun (54) dari daerah Hengyang di provinsi Hunan yang sebagian besar penduduknya petani.

Serangan pada Selasa (11/09/2018) malam terjadi di lapangan umum tempat warga biasanya berkumpul atau menikmati angin malam yang sejuk. SUV itu tampaknya muncul tanpa peringatan, melompati trotoar sebelum menabrak kerumunan.

China telah mengalami sejumlah serangan di tempat-tempat umum dalam beberapa tahun terakhir, termasuk pemboman dan pembakaran bus dan bangunan. Serangan kerap dikaitkan dengan Muslim Uighur.

Pada tahun 2013, sebuah SUV menabrak kerumunan di depan Kota Terlarang Beijing sebelum menabrak dan terbakar. Lima orang dilaporkan tewas, termasuk tiga penumpang kendaraan. Polisi menyalahkan Muslim Uighur sebagai pelaku.

Undang-undang China membatasi penjualan dan kepemilikan senjata api. Serangan massal umumnya dilakukan dengan pisau atau bahan peledak buatan sendiri. Banyak serangan terjadi di sekolah-sekolah, termasuk ketika tahun 2010 di mana hampir 20 anak tewas.

BACA JUGA  20 Titik Kamp "Pendidikan Ulang" Uighur Difasilitasi Cambuk Listrik dan Pentungan Duri

Pada bulan Juni, seorang pria menggunakan pisau dapur untuk menyerang tiga anak laki-laki dan seorang ibu di dekat sekolah di Shanghai, dua anak-anak tewas. Tahun lalu, polisi mengatakan seorang pria meledakkan sebuah ledakan di gerbang depan taman kanak-kanak di China timur, ketika kerabat berkumpul untuk menjemput anak-anak mereka di penghujung hari, delapan orang tewas.

Sumber: Associated Press
Redaktur: Ibas Fuadi

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Baca Juga