Sampaikan Pesan kepada Dunia, Warga Idlib Akan Gelar Demontrasi Serentak

KIBLAT.NET, Idlib – Wilayah-wilayah yang sudah dibebaskan di Suriah utara, Jumat pagi (14/09), tengah menyaksikan persiapan aksi massa besar-besaran di bawah slogan “Tak Ada Ganti dari Menggulingkan Rezim”. Ini merupakan aksi ketiga dari sejenisnya.

Koresponden portal El-Dorar Al-Syamiyah, Jumat, melaporkan bahwa aktivis dan gerakan revolusi menyeru warga di desa dan kota yang sudah dibebaskan di pedesaan Hama provinsi Idlib hingga pedesaan Aleppo untuk ikut demonstrasi pada Jumat. Aksi ini untuk menyampaikan pesan kepada dunia bahwa warga Suriah komitmen pada prinsip-prinsip revolusi dalam kebebasan dan menggulingkan rezim Assad. Aksi ini juga untuk menolak segala agresi ke Idlib.

Para aktivis dan warga sipil mulai mempersiapkan demonstrasi di beberapa kota-kota di Suriah utara. Mereka menulis poster-poster yang akan dibawah dalam aksi.

Dalam konteks yang sama, wartawan dari media internasional telah tiba di provinsi Idlib. Di antaranya berasal dari CNN, BBC, Sky News dan sejumlah media lainnya. Kehadiran wartawan asing ke Idlib ini difasilitasi oleh pemerintah lokal. Sebelumnya, wartawan asing tak berani ke Idlib karena takut diculik atau dibunuh.

Langkah mengizinkan wartawan asing ini sangat penting untuk menyampaikan pesan kepada dunia mengenai kondisi di Idlib. Terlebih, banyak pejabat Arab mendukung aksi massa sebelumnya.

Aksi yang akan dihelat ini merupakan aksi ketiga sejak tiga pekan lalu. Warga memanfaatkan hari Jumat karena semua berkumpul untuk menjalankan Shalat Jumat. Aksi biasa digelar selepas shalat Jumat.

BACA JUGA  Militer Suriah Serang Zona Demiliterisasi, Delapan Tewas

Sumber: El-Dorar
Redaktur: Sulhi El-Izzi

Poster yang disiapkan aktivis dan warga Idlib:

 

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Baca Juga

HTS Gelar Latihan Militer di Pedesaan Idlib

Suriah - Kamis, 08/11/2018 08:38