Serbuan Yahudi ke Al-Aqsha Meningkat, Strategi Israel Kuasai Masjid

KIBLAT.NET, Al-Quds – Gerakan Perlawanan Islam (Hamas), Kamis (13/09), melihat meningkatnya kasus penyerbuan pemukim Yahudi ke Masjid Al-Aqsha merupakan rencana Israel untuk mendominasi masjid.

“Eskalasi serangan pemukim Yahudi ke Al-Aqsha mencerminkan rencana Israel untuk menguasai penuh Al-Aqsha. Israel berupaya membagi-bagi waktu dan tempat di Al-Aqsha, sebagai awal untuk kontrol penuh itu (masjid),” kata Hamas dalam pernyataannya yang dilansir Anadolu Agency, Kamis.

Upaya itu, lanjut Hamas, sejalan dengan proyek Amerika di kawasan itu, melalui apa yang disebut kesepakatan “Deal of the Century”. Kesepakatan ini menargetkan penguasaan penuh kota Al-Quds tanpa melihat tempat-tempat suci bagi umat Islam secara umum dan tempat suci warga Palestina secara khusus.

The “Deal of the Century” adalah tawaran AS yang tidak diumumkan pada isu Palestina.

Pernyataan mengungkapkan bahwa Israel melakukan “pendekatan agresif dan provokatif terhadap Masjid Al-Aqsa.”

Hamas menyalahkan Israel karena bertanggung jawab penuh atas eskalasi serbuan orang-orang Yahudi ini. Insiden ini akan menyulut kemarahan warga Palesitna di mana pun.

Hamas juga mengimbau Negara-negara Arab dan Islam mengambil peran di barisan umat Islam. Mereka harus mengungkapkan kemarahan atas pelanggaran yang terjadi di Masjid Al-Aqsha.

Warga Palestina juga diseru untuk melindungi setiap penyerbuan yang dilancarkan Yahudi Israel serta menggagalkan proyek penjajahan dan permukiman. Hal itu dengan meningkatkan penjagaan di Masjid Al-Aqsha dan menghalau setiap upaya mencederai masjid.

BACA JUGA  Ratusan Yahudi Israel Serbu Al-Aqsha di Hari Yom Kippur

Sejak 2003, polisi Israel mengizinkan para pemukim masuk ke Masjid Al-Aqsa tanpa persetujuan dari Wakaf Islam (Departemen Wakaf Islam), yang terus-menerus menyerukan untuk mengakhiri serangan.

Untuk mencegah para pemukim melakukan ritual keagamaan selama serangan mereka, penjaga Masjid Al-Aqsa mengawasi mereka dan meminta polisi Israel untuk menghentikan para pemukim dan mengusir mereka jika mereka melakukan pelanggaran.

Namun, polisi Israel sering menyerang penjaga, menangkap mereka dan mengeluarkan perintah untuk mengusir mereka dari Masjid Al-Aqsa.

Sumber: AA
Redaktur: Sulhi El-Izzi

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Baca Juga